Home
Berita
"Poltesa Gelar FGD Review Kurikulum Akuntansi Sektor Publik"

"Poltesa Gelar FGD Review Kurikulum Akuntansi Sektor Publik"

Poltesa.ac.id - 25 April 2019

Politeknik Negeri Sambas (Poltesa) melalui Program Studi Akuntansi Sektor Publik, Jurusan Ekonomi dan Bisnis menggelar FGD (Focus Group Discussion) dengan tema "FGD Review Kurikulum Prodi Akuntansi Sektor Publik" di Gedung Kuliah Terpadu Lantai 1 Poltesa, Kamis (25/04/2019). Kegiatan FGD ini menghadirkan Pemateri dari Politeknik Negeri Malang (Polinema), Bapak Imam Mulyono, SE.,Ak.,CA.,MSc.,AAP B.,C FrA.,ACPA. Beliau merupakan Dosen Akuntansi Polinema, dan juga sebagai Audit Manajer KAP HJA - Malang, serta SPI Polinema.

Kegiatan FGD ini dilaksanakan untuk mereview Kurikulum Prodi Akuntansi Sektor Publik (ASP) yang penerapannya baru akan dilaksanakan pada tahun 2019 ini apakah sudah sesuai dan tepat untuk di implementasikan sebagai kurikulum di Poltesa. Sebelumnya, prodi ASP disebut dengan prodi Akuntansi Keuangan Perusahaan (AKP). Selain review kurikulum, rumusan visi dan misi, rumusan profil lulusan program studi, dan rumusan mata kuliah Akuntansi Sektor Publik juga menjadi pembahasan penting dalam FGD ini.

Direktur Poltesa, Mahyus dalam sambutannya menyatakan bahwa kegiatan FGD ini sangat penting untuk dilakukan, karena ini merupakan bentuk keseriusan Poltesa dalam mengelola manajemen perguruan tinggi untuk menjamin mutu lulusan Poltesa, khususnya lulusan prodi ASP. "Kami berharap dengan diadakannya kegiatan FGD ini, kami mendapat masukan dari para stakeholder dan pemateri dalam usaha untuk mengembangkan dan menjaga mutu lulusan Poltesa agar dapat menjadi lulusan yang siap menghadapi dunia kerja", ungkapnya.

Ditempat yang sama, ketua panitia sekaligus ketua tim review, Suharman mengatakan bahwa jauh hari kegiatan FGD ini memang sudah dipersiapkan, karena mengingat pentingnya penyesuaian kurikulum Prodi ASP ini. Untuk itu, ia bersama tim mengundang pemateri yang memang ahli dalam kurikulum Akuntansi Sektor Publik. "Tim review bersama panitia telah berkerja keras untuk mempersiapkan FGD ini, kami mengharapkan hasil yang maksimal. Untuk itu kami mengundang pemateri yang ahli di bidang ASP, hal ini kami lakukan semata-mata untuk menjaga kualitas prodi ASP kedepan", tukasnya.

Dalam kesempatan ini, Ketua Jurusan Ekonomi dan Bisnis, Eko Febri Lusiono  sangat mengapresiasi kegiatan FGD yang dilaksanakan oleh prodi ASP dan tim panitia, ia menilai bahwa kegiatan ini akan membawa dampak yang positif bagi Jurusan, terutama prodi ASP dalam mencapai visi dan misinya. "Kami berharap dengan diadakannya FGD ini dapat memberikan pencerahan kepada kami dalam mengelola program studi, sehingga kami dapat melakukan akselerasi pencapaian visi prodi yaitu; pada tahun 2034, menjadi program studi sarjana terapan yang unggul dalam menghasilkan lulusan perguruan tinggi vokasi dalam bidang akuntansi publik yang berdaya saing global",harapnya.

Kegiatan FGD ini juga diikuti oleh para stakeholder dari berbagai kalangan, mulai dari undangan Dosen Poltesa, Warek II IAIS, Bagian Akuntansi dan Keuangan RSUD Sambas, SMA Muhammadiyah Sambas, Ponpes Basiuni Imran, Dinas Pendidikan, Dinas PUPR, BAPEDDA, Inspektorat, Bank Kalbar, BNI, Mandiri, BRI, KP2KP Sambas, Baznas, Kades dan Ketua BUMDES se-Kab. Sambas, Alumni Prodi Akuntansi Keuangan Perusahaan, dan Mahasiswa semester akhir Prodi Akuntansi Sektor Publik.

Direktur Poltesa, mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada para undangan yang hadir, serta kepada pihak-pihak terkait yang terlibat. Kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik atas kerjasama tim panitia yang telah mempersiapkan segala sesuatunya jauh sebelum kegiatan ini dilangsungkan. Untuk itu, "input yang sesungguhnya diharapkan dari kegiatan FGD ini adalah terbentuknya sebuah kurikulum ASP yang dapat menjawab tantangan masa depan, sehingga setiap lulusan Poltesa memiliki kompetensi dan keahlian bidang ASP yang dapat membawa kemajuan dan kesejahteraan bagi Kabupaten Sambas", tutupnya.
---------------------------------------
Disampaikan oleh Penyusun Informasi dan Publikasi Poltesa

Tags:

Berita Terkait

Dosen Teknik Mesin Poltesa Juarai KKIN Regional Banten Tahun 2019

Poltesa.ac.id - Politeknik Negeri Sambas  (Poltesa) mendapat kabar baik setelah Suhendra yang merupakan salah satu Dosen Jurusan Teknik Mesin ..

Poltesa Gelar Workshop Perubahan Organisasi Dan Tata Kerja Tahun 2019

Poltesa.ac.id -  Politeknik Negeri Sambas (Poltesa) menggelar Workshop Perubahan Organisasi Dan Tata Kerja (Otaker) Poltesa Tahun 2019 di Aula ..

Pengumuman Kelulusan UMPN Mandiri Politeknik Negeri Sambas Tahun Akademik 2019/2020

Berdasarkan keputusan Direktur Politeknik Negeri Sambas No. 739/KM/2019 Tentang Penetapan Hasil Seleksi UMPN Nasional Politeknik Negeri Sambas Tahun ..

Peduli Kawasan Perbatasan: Poltesa Gelar Seminar Nasional Bertajuk "Strategi Nasional Percepatan Pembangunan Daerah Kabupaten Sambas"

Poltesa.ac.id -  Politeknik Negeri Sambas (Poltesa) menggelar Seminar Nasional Tentang Strategi Nasional Percepatan Pembangunan Daerah Kabupaten ..

Lomba Masak Antar Civitas Meriahkan Diesnatalis ke-11 Poltesa

Poltesa.ac.id -  Dalam rangka memeriahkan Diesnatalis ke-11,  Politeknik Negeri Sambas (Poltesa) menggelar Lomba Masak Antar civitas ..