Home
Berita
"Kegiatan Pesantren Kilat Ramadhan1440 H/2019 Politeknik Negeri Sambas Berjalan Lancar"

"Kegiatan Pesantren Kilat Ramadhan1440 H/2019 Politeknik Negeri Sambas Berjalan Lancar"

Poltesa.ac.id - Kegiatan Pesantren Kilat merupakan agenda Perdana yang diselenggarakan Politeknik Negeri Sambas (Poltesa) dalan menyambut dan menyemarakkan bulan suci Ramadhan 1440 H. Kegiatan ini diikuti oleh 1000 lebih mahasiswa Muslim Poltesa yang dibagi ke dalam 4 sesi, yaitu Jurusan Akuntansi dan Bisnis (09-10 Mei 2019) dan Jurusan Teknik Mesin (11-12 Mei 2019), Jurusan Manajemen Informatika (18-19 Mei 2019), Jurusan Agribisnis (25-26 Mei 2019).

Kegiatan yang berlangsung selama 4 sesi  tersebut berjalan sesuai rencana dan harapan, hal ini merupakan hasil dari  kerjasama antara  berbagi pihak dan  persiapan yang matang dari seluruh panitia. Panitia Pesantren Kilat ini merupakan panitia gabungan yang terdiri dari Pegawai dan Mahasiswa Poltesa. 

Seluruh peserta sangat antusias untuk mengikuti kegiatan ini, dari data yang di himpun Peserta dari Jurusan Akuntansi dan Bisnis sebanyak 316 orang, peserta dari Jurusan Teknik Mesin sebanyak 147 orang, peserta dari Jurusan Manajemen sebanyak 361 orang, dan peserta dari Jurusan Agribisnis sebanyak 397 orang.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan memperdalam ilmu agama, memperbaiki akhlak dan meningkatkan kualitas ibadah mahasiswa Poltesa. Senada dengan yang disampaikan oleh Direktur Poltesa, Mahyus "bahwa kegiatan Pesantren Kilat ini merupakan upaya untuk menguatkan keimanan dan ke-Islaman mahasiswa Poltesa, kami ingin membangun Sumber Daya Manusia yang kuat secara mental rasional dan juga kuat secara akhlak spiritual ke-Islaman," jelasnya.

Dalam kegiatan tersebut selain pemberian materi, mahasiswa juga menjalankan kegiatan" lain seperti, Shalat lima waktu berjamaah, Tadarus, Sholat Tahajud, Sholat Duha, Sahur Bersama dan juga Buka Bersama. Mahasiswa dikarantina selama 2 hari 1 malam, layaknya sebuah Pesantren, peserta Pesantren Kilat Poltesa juga diikat dengan aturan dan tata tertib yang ketat, salah satunya adalah peserta harus Shalat lima waktu berjamaah dan tidak boleh meninggalkan tempat pelaksanaan tanpa ijin panitia selama kegiatan berlangsung.

Ketua Panitia Pesantren Kilat, Yuliansyah mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang ilmu agama yang mungkin tidak didapatkan di bangku perkuliahan yang bisa menunjang bekal akhirat. "Kegiatan ini dapat berjalan sukses karena kerjasama dan kebersamaan panitia, tidak hanya dari mahasiswa namun juga panitia pegawai. Dengan mengikuti acara ini kita bisa mendapat ilmu agama yang tidak kita dapatkan di bangku perkuliahan, dan inilah yang akan menjadi penunjang kita di akhirat nanti dan yang menjadi pelengkap ilmu kejuruan yang di dapat di kampus," jelasnya.

Beliau juga berharap bahwa acara ini bisa menjadi kan mahasiswa tidak hanya cerdas intelektual namun cerdas akhlak dan moral. "Saya sangat berharap mahasiswa tidak hanya cerdas intelektual, namun mahasiswa juga cerdas dalam akhlakul karimah serta mempunyai nilai moral yg baik", pungkasnya.

Dalam penyampaian kesan dan pesannya, Presiden mahasiswa, Ogi Akmadani mengatakan bahwa kegiatan Pesantren Kilat selain mendapat ilmu agama, juga bisa menjalin interaksi sosial antar Jurusan. "Kegiatan Pesantren Kilat ini sangat baik dilakukan melihat beberapa faktor bergesernya moral di kalangan pemuda, maka dengan adanya kegiatan ini sangat memberi manfaat yang positif terkait tentang ilmu-ilmu agama serta interaksi sosial lintas Jurusan yang saat itu terjalin dengan baik," tutupnya.
----------------------------------------
Disampaikan oleh Tim Penyusun Informasi, Dokumentasi, dan Publikasi Poltesa

Tags:

Berita Terkait

"Kampung Al-quran ke-2 Tingkat SMA/SMK/MA se-Kabupaten, UKMI Fastabiqul Khairat Politeknik Negeri Sambas 2019"

Poltesa.co.id - UKMI Fastabiqul Khairat Politeknik Negeri Sambas menyelenggarakan kegiatan "Kampung Al-quran ke-2 Tingkat SMA/SMK/MA ..

"1000 Lebih Mahasiswa Ikuti Pengarahan Direktur Poltesa Terkait Pelaksanaan Pesantren Kilat Ramadhan 1440 H/2019"

Poltesa.ac.id - Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan, Politeknik Negeri Sambas (Poltesa) akan menggelar berbagai event untuk menyemarakkan ..

"Direktur Melantik Kepengurusan Organisasi Keluarga Besar Mahasiswa Poltesa Periode 2019/2020"

Poltesa.ac.id - Politeknik Negeri Sambas (Poltesa) menggelar acara Pelantikan Kepengurusan Organisasi Keluarga Besar Mahasiswa (KBM) Poltesa periode ..

"Pemain dan Seluruh Official Tim Poltesa Fc Serahkan Piala Juara Liga Antar Mahasiswa U21 ke Direktur Poltesa"

Poltesa.ac.id - 30 April 2019 Direktur Politeknik Negeri Sambas (Poltesa) menerima seluruh official tim Poltesa Fc di Aula Direktorat Lantai 2 ..

"Poltesa Fc Juara Liga Antar Mahasiswa U 21 se-Kalimantan Barat: Road To Piala Menpora 2019"

Poltesa.ac.id - 29 April 2019 Politeknik Negeri Sambas Footbal Club (Poltesa Fc), berhasil mengukir prestasi di kancah sepak bola tingkat ..