Home
Berita
Poltesa Kembali Buka UMPN-Mandiri TA. 2019 / 2020

Poltesa Kembali Buka UMPN-Mandiri TA. 2019 / 2020

Poltesa.ac.id - Bulan Juni lalu Politeknik Negeri Sambas (Poltesa) telah melaksanakan Ujian Masuk Politeknik Negeri se-Indonesia (UMPN-Nasional), sebanyak 420 calon mahasiswa berhasil lolos seleksi UMPN - Nasional di Poltesa, dan 402 yang telah melakukan registrasi. Hal ini senada dengan apa yang disampaikan oleh Kasubbag Perencanaan dan Sistem Informasi  Bagian Akademik Poltesa, Eny Achyani bahwa "dari 420 orang calon mahasiswa ada 18 orang yang tidak melakukan registrasi, artinya peserta seleksi UMPN - Nasional di Poltesa 402 orang yang berhasil menjadi mahasiswa baru di Poltesa", terangnya.

Secara keseluruhan, saat ini pendaftar pada Penerimaan mahasiswa Baru Poltesa telah berjumlah 500an orang, hal ini menunjukkan antusias masyarakat yang ingin melanjutkan pendidikan di Poltesa meningkat dari tahun ke tahun, karena hal tersebut Poltesa kembali membuka UMPN - Mandiri. Eny Achyani menyebutkan bahwa "Animo pendaftar yang cukup tinggi untuk melanjutkan pendidikan di Poltesa menjadi salah satu alasan Poltesa membuka jalur UMPN - Mandiri Tahun Ajaran 2019/2020", ungkapnya.

UMPN - Mandiri merupakan seleksi ujian tertulis pada jenjang Diploma III (Ahli Madya) dan Diploma IV (Sarjana Terapan). Terdapat beberapa Program Studi yang disiapkan untuk para peserta seleksi UMPN - Mandiri Poltesa, diantaranya adalah :
1. Pengembangan Produk Agroindustri
2. Agribisnis Perikanan
3. Pengelolaan Usaha Rekreasi
4. Rekayasa Perancangan Mekanik
5. Pemeliharaan Mesin
6. Agrobisnis
7. Teknologi Rekayasa Komputer Grafis
8. Akuntansi Sektor Publik

Wakil Direktur I Bidang Akademik Poltesa, Andiyono menjelaskan bahwa "Pendaftaran jalur UMPN -  Mandiri dibuka mulai tanggal 11 Juli 2019 dan akan ditutup pada 29 Juli 2019, sedangkan pelaksanaan tes tertulis akan dilangsungkan pada 31 Juli 2019, dengan materi ujian tertulis meliputi : Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan IPA", jelasnya. Lebih lanjut Andiyono menjelaskan bahwa Pendaftaran UMPN Mandiri dilakukan secara online melalui http://pmb.poltesa.ac.id.

Adapun syarat dan ketentuan yang harus diketahui dan dipersiapkan oleh setiap calon mahasiswa Poltesa adalah:
1. Ijazah & Nem atau Surat Keterangan Lulus (SKL) dilegalisir;
2. Pas Foto (latar belakang biru/laki-laki, latar belakang merah/perempuan ukuran 3x4;
3. Berumur maksimal 21 tahun pada tanggal 31 Agustus 2019;
4. Berkas Ijazah dan NEM atau SKL, Pas Foti Discan dan Diupload dalan bentuk JPEG;
5. Pencaftaran secara Online pada laman : http://pmb.poltesa.ac.id.

Langkah Poltesa membuka jalur UMPN - Mandiri adalah untuk memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi, khususnya untuk anak-anak perbatasan dan pedesaan di Kabupaten Sambas yang selama ini kesulitan untuk menyekolahkan anaknya. Hal ini sejalan dengan apa yang disampaikan Andiyono bahwa “Poltesa memberi kesempatan dan membuka peluang bagi masyarakat perbatasan dan pedesaan di Kabupaten Sambas untuk menempuh pendidikan yang lebih tinggi, sebab selama ini kami melihat bahwa anak-anak diperbatasan dan pedesaan masih banyak yang mengalami kesulitan dalam menyekolahkan anak-anaknya, untuk itu Poltesa hadir menyempurnakan cita-cita anak bangsa untuk meraih kesuksesan dimasa depan", tutupnya. 
----------------------------------------
Disampaikan oleh Tim Penyusun Informasi dan Dokumentasi Poltesa

Tags:

Berita Terkait

Poltesa Gelar Aksi Bersih-Bersih Terbesar di Dunia Bersama 30 Relawan Peduli Lingkungan, dan Pemda Sambas

Poltesa.ac.id - Politeknik Negeri Sambas (Poltesa) Gelar Aksi Bersih-Bersih Terbesar di Dunia Bersama Pemerintah Daerah Kabupaten Sambas, Sabtu ..

"Poltesa Gelar Acara Penyambutan dan Pelepasan Mahasiswa Permata Sakti 2019"

Poltesa.ac.id - Politeknik Negeri Sambas (Poltesa) menggelar acara Penyambutan dan Pelepasan Mahasiswa Permata Tahun 2019 di Aula Rapat Direktorat ..

"Indonesia Berduka: Direktur Poltesa Sampaikan Belasungkawa Yang Mendalam Atas Wafatnya Bapak BJ. Habibie"

Poltesa.ac.id - Direktur, mewakili Seluruh Keluarga Besar Politeknik Negeri Sambas (Poltesa) menyampaikan Ungkapan Turut Berduka Cita yang sangat ..

"Para Mahasiswa Poltesa Sampaikan Testimoni Pengalaman Magang Bersertifikat BUMN Kepada Pimpinan Kampus"

Poltesa.ac.id - Kegiatan Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB) telah dilaksanakan selama 6 Bulan, mahasiswa Politeknik Negeri Sambas ..

Poltesa Kirim 7 Mahasiswa Program Magang Bersertifikat

Poltesa.ac.id - Dalam rangka meningkatkan kualitas lulusan, Politeknik Negeri Sambas menjalin kerjasama dengan beberapa BUMN yang di fasilitasi oleh ..