Home
Berita
Sidang Senat Terbuka dalam Rangkaian Diesnatalis Ke-11 Politeknik Negeri Sambas

Sidang Senat Terbuka dalam Rangkaian Diesnatalis Ke-11 Politeknik Negeri Sambas

Poltesa.ac.id -  Politeknik Negeri Sambas (Poltesa) menggelar Sidang Senat Terbuka di Gedung Kuliah Terpadu Lantai 1  Poltesa pada Senin,  (08/07/2019). Kegiatan ini merupakan  rangkaian Diesnatalis ke-11 Poltesa. Perayaan Diesnatalis ditetapkan berdasarkan tanggal terbitnya Surat Keputusan Dirjen Dikti No. 110/D/0/2008 tentang izin operasional Politeknik Terpikat Sambas. Hal ini senada dengan apa yang disampaikan  oleh Ketua Senat Poltesa,  Iman Syarizal bahwa "Pelaksanaan Diesnatalis Poltesa memang disesuaikan dengan tanggal terbitnya Surat Keputusan Dirjen Dikti tentang pelaksanaan operasional Poltesa,  hal ini dilakukan agar seluruh civitas Poltesa selalu ingat dengan tanggal pertama kali Poltesa secara resmi beroperasi atau melaksanakan perkuliahan",  jelasnya.

Dalam perjalanannya selama 4 Tahun 6 Bulan Politeknik Terpikat Sambas berubah status dari Perguruan Tinggi Swasta menjadi Perguruan Tinggi Negeri berdasarkan Permendikbud Nomor 15 Tahun 2013 tentang Pendirian,  Organisasi dan Tata Kerja Politeknik Negeri Sambas yang kemudian secara langsung diresmikan oleh Mendikbud,  Prof. Dr.  Ir.  H.  Muhammad Nuh,  DEA pada tanggal 09 Maret 2013 di Kampus Politeknik Negeri Sambas. Jika dihitung dari tanggal 08 Juli 2007 sampai 08 Juli 2019 maka usia Poltesa saat ini mencapai 11 Tahun.

Dalam sambutannya, Direktur Poltesa,  Mahyus menjelaskan bahwa Sidang Senat Terbuka yang dirangkai dalam Perayaan Diesnatalis ke-11 merupakan  tradisi yang setiap tahun dilaksanakan.  Tahun ini tema Diesnatalis ke-11 Poltesa adalah "Bersama Poltesa Membangun Desa".  Tema ini merupakan gambaran cita-cita Poltesa yang akan membangun Kabupaten Sambas melalui Desa.  Poltesa yakin dapat membangun Sambas melalui desa,  karena salah satu kewajiban Dosen Poltesa adalah Penelitian  dan Pengabdian kepada masyarakat (PKM), maka program-program PKM Poltesa diharapkan dapat benar-benar membangun desa, sehingga perkembangan Sambas dapat merata dari desa ke perkotaan", jelasnya.

Sidang Senat Terbuka menghadirkan unsur Dosen, Tenaga Kependidikan,  dan Mahasiswa Poltesa. Selain itu,  Poltesa juga mendatangkan tamu dari Politeknik Negeri Pontianak sebagai narasumber,  yaitu Dr.  Purnamawati, SPi., MSi yang menyampaikan Orasi Ilmiah dengan  tema "Potensi dan Peluang Pemanfaatan Lahan Rawa Untuk Pengembangan Akuakultur di Kabupaten Sambas". Narasumber menjelaskan bahwa Potensi dan Peluang Pemanfaatan Lahan Rawa di Sambas cukup besar, karena luasnya lahan kosong yang dapat dimanfaatkan untuk pengembangan  Akuakultur.

Dalam perjalanannya,  seluruh civitas akademika Poltesa telah berjuang dalam membangun dan mempertahankan  eksistensi Kampus.  Hingga dapat berkembang seperti sekarang ini.  Dalam kesempatan ini,  Mahyus juga berterimakasih kepada seluruh civitas Poltesa karena telah sama-sama berjuang membangun Kampus Poltesa. Harapan kedepan,  Poltesa dapat segera mewujudkan visi dan misi yang selama ini telah dicita-citakan oleh seluruh civitas  akademika Poltesa", harapnya.
----------------------------------------
Disampaikan oleh Tim Penyusun Informasi,  Dokumentasi,  dan Publikasi Poltesa

Tags:

Berita Terkait

Rilis Resmi SNMPN 2020

Hari Ini, Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri Se-Indonesia Resmi Dibuka (Jakarta, 6 Januari 2020) 42 Politeknik Negeri se-Indonesia resmi ..

KSR PMI Poltesa Gelar Kegiatan Donor Darah

Poltesa.ac.id - Sabtu, 21 Desember 2019 KSR PMI UNIT Politeknik Negeri Sambas (Poltesa)  kembali menggelar kegiatan Donor Darah serangkaian ..

Poltesa Gelar Workshop Pengelolaan Keuangan

Poltesa.ac.id - Dalam rangka meningkatkan kapasitas SDM pengelola keuangan lingkup kampus, Politeknik Negeri Sambas (Poltesa) menggelar Workshop ..

"Poltesa Gelar Review Kurikulum Prodi Manajemen Bisnis Pariwisata"

Poltesa.ac.id - Politeknik Negeri Sambas (Poltesa) menggelar Review Kurikulum Program Studi (Prodi) Manajemen Bisnis Pariwisata (MBP) Jurusan Ekonomi ..

Poltesa Gelar Workshop Penulisan Proposal PKM Bagi Mahasiswa

Poltesa.ac.id - Politeknik Negeri Sambas (Poltesa) menggelar Workshop Penulisan Program Kewirausahaan Mahasiswa (PKM). Kegiatan ini diprakarsai oleh ..