Home
Berita
Partisipasi Poltesa dalam Membangun Desa Melalui Pelatihan Pengolahan Sampah Organik Pada Masyarakat Selakau Kabupaten Sambas

Partisipasi Poltesa dalam Membangun Desa Melalui Pelatihan Pengolahan Sampah Organik Pada Masyarakat Selakau Kabupaten Sambas


Poltesa.ac.id - Politeknik Negeri Sambas (Poltesa) berpartisipasi dalam Membangun Desa Melalui Pelatihan Pengolahan Sampah Organik Pada Masyarakat Selakau Kabupaten Sambas. Langkah Poltesa Membangun Desa adalah dengan cara mengirim salah satu Dosen sebagai narasumber didalam kegiatan tersebut.  Harmoko,  S.P.,M.Sc adalah Dosen dari Jurusan Agribisnis Poltesa yang dipercaya untuk memberikan Pelatihan.

Pelatihan tentang Pengolahan Sampah Organik pada masyarakat Selakau Kabupaten Sambas diselenggarakan di Gedung Serbaguna Kecamatan Selakau pada Kamis, (18/07/2019).  Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas masyarakat pedesaan dalam berinovasi dan sebagai salah satu upaya penanggulangan sampah,  khususnya sampah rumah tangga. Pelatihan ini diprakarsai oleh Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Sambas yang melibatkan unsur akademisi dalam penyampaian dan pemecahan masalah-masalah yang dihadapi oleh masyarakat,  salah satunya yaitu masalah sampah. Dalam sambutannya, Kepala Dinas yang dalam hal ini diwakili oleh Bapak Wiwin Supriadi berharap "bahwa pengolahan pupuk organik cair langsung dapat dipraktekkan dalam rumah tangga, dengan praktek teknologi tepat guna ini dapat menekan sampah dari rumah tangga", harapnya.

Kegiatan ini melibatkan berbagai unsur masyarakat.  Terlihat hadir sebagai undangan  adalah Camat Selakau, Camat Selakau Timur,  Camat Salatiga,  Para Kepala Desa,  dan Perwakilan Masyarakat dari Kecamatan-Kecamatan tersebut. Para undangan begitu antusias untuk mengikuti pelatihan pengolahan sampah organik menjadi pupuk cair ini.

Menurut Harmoko, "banyak sekali keunggulan Pupuk Organik Cair,  diantaranya adalah murah, mudah dibuat dan ramah lingkungan. Proses pengolahan pupuk organik cair adalah dengan cara memanfaatkan sampah organik dari rumah tangga. Kemudian sampah organik tersebut dipotong kecil, dan masukkan kedalam karung plastik,  lalu larutkan Em4 dalam ember yang berisi air, tambahkan gula merah atau gula pasir sebanyak 250 gr (dapat disesuaikan dengan wadah), aduk hingga larut. Kemudian masukkan sampah organik seperti sisa buah, potongan sayur dan sebagainya itu kedalam karung yang diikat dengan tali. Karung harus terendam agar proses fermentasi terjadi sempurna. Aduk setiap hari rendaman karung dalam ember. 3- 4 minggu pupuk organik cair sudah dapat digunakan", jelasnya.

Harmoko memberikan tips untuk menanggulangi sampah khususnya skala rumah tangga,  adapun kiatnya adalah sebagai berikut:
1. Jika Bapak/Ibu berbelanja ke pasar, bawalah tempat belanja, untuk mengurangi sampah plastik;
2. Pisahkan sampah organik dan anorganik agar mudah mengolahnya;
3. Sediakan tempat sampah di rumah;
4. Pisahkan sampah B3 (bahan berbahaya dan beracun) seperti baterai bekas, kaca, sisa insektisida dan sebagainya.

Lebih lanjut,  Harmoko menjelaskan bahwa "Pelatihan ini merupakan  suatu bentuk Pengabdian Poltesa kepada Masyarakat.  Dosen Poltesa memiliki kewajiban untuk mengabdikan diri kepada masyarakat,  untuk itu Poltesa berkomitmen membangun Sambas melalui penelitian-penelitian dan pelatihan untuk masyarakat Desa,  khususnya masyarakat Desa yang ada di Kabupaten Sambas. Kami yakin dan percaya,  bahwa Kemajuan Kabupaten Sambas akan terwujud jika masyarakat Desa dapat mandiri dan berdikari dalam pengembangan inovasi ilmu pengetahuan dan teknologi", jelasnya.  "Bersama Poltesa Membangun Desa"
---------------------------------------
Disampaikan oleh Tim Penyusun Informasi, Dokumentasi, dan Publikasi Poltesa.

Tags:

Berita Terkait

Dosen Teknik Mesin Poltesa Juarai KKIN Regional Banten Tahun 2019

Poltesa.ac.id - Politeknik Negeri Sambas  (Poltesa) mendapat kabar baik setelah Suhendra yang merupakan salah satu Dosen Jurusan Teknik Mesin ..

Poltesa Gelar Workshop Perubahan Organisasi Dan Tata Kerja Tahun 2019

Poltesa.ac.id -  Politeknik Negeri Sambas (Poltesa) menggelar Workshop Perubahan Organisasi Dan Tata Kerja (Otaker) Poltesa Tahun 2019 di Aula ..

Pengumuman Kelulusan UMPN Mandiri Politeknik Negeri Sambas Tahun Akademik 2019/2020

Berdasarkan keputusan Direktur Politeknik Negeri Sambas No. 739/KM/2019 Tentang Penetapan Hasil Seleksi UMPN Nasional Politeknik Negeri Sambas Tahun ..

Peduli Kawasan Perbatasan: Poltesa Gelar Seminar Nasional Bertajuk "Strategi Nasional Percepatan Pembangunan Daerah Kabupaten Sambas"

Poltesa.ac.id -  Politeknik Negeri Sambas (Poltesa) menggelar Seminar Nasional Tentang Strategi Nasional Percepatan Pembangunan Daerah Kabupaten ..

Lomba Masak Antar Civitas Meriahkan Diesnatalis ke-11 Poltesa

Poltesa.ac.id -  Dalam rangka memeriahkan Diesnatalis ke-11,  Politeknik Negeri Sambas (Poltesa) menggelar Lomba Masak Antar civitas ..