Home
Berita
Dihadapan MABA 2019: Direktur Poltesa Buka Rahasia Kunci Masa Depan

Dihadapan MABA 2019: Direktur Poltesa Buka Rahasia Kunci Masa Depan

Poltesa-ac.id - Politeknik Negeri Sambas (Poltesa) menggelar Upacara Penyambutan Mahasiswa Baru dengan orientasi Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Poltesa 2019. Sebanyak 535 Mahasiswa Baru (MABA) mengikuti PPKMB 2019. Berdasarkan agenda yang telah dibuat oleh Panitia, kegiatan PKKMB 2019 ini akan berlangsung mulai tanggal 26 Agustus - 30 Agustus 2019.

Dalam sambutannya Direktur Poltesa, Mahyus menjelaskan bahwa "kegiatan PKKMB ini wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa Poltesa, karena ini merupakan momen awal untuk mahasiswa mengenal kampus dan beradaptasi dengan lingkungan kampus", terangnya.

Lebih lanjut, Direktur mengungkapkan tentang kunci rahasia untuk menuju masa depan. Menurut Direktur, jalan satu-satunya yang mudah itu adalah dengan menuntut ilmu, namun yang paling penting dari segalanya adalah tentang kepribadian. Untuk mencapai masa depan yang gemilang, Direktur menekankan bahwa mahasiswa harus taat beribadah, berakhlak mulia, dan berprestasi di bidang akademik", tegasnya.

Kunci Masa Depan Bagi Mahasiswa yang dimaksud Direktur diuraikannya kedalam beberapa point penting, yaitu; 

1. Jadilah mahasiswa yang taat beribadah. Karena dengan ibadah, kita dapat menenangkan diri. Sehingga akan lebih mudah untuk menyerap ilmu yang sedang kita gali di kampus. Selain itu, dalam ibadah kita akan lebih dekat dengan Tuhan, sehingga segala urusan akan selalu dimudahkan-Nya. Direktur juga mengingatkan kepada seluruh mahasiswa bahwa Shalat itu adalah tiang agama, siapa yang mendirikan Shalat dialah yang menegakkan agama.
 
2. Jadilah Mahasiswa yang Berakhlak mulia. Direktur berharap semua mahasiswa Poltesa tidak ada yang melakukan perbuatan tercela, seperti Narkoba, pelanggaran Asusila, dan perbuataan-perbuatan melanggar hukum lainnya. Akhlak mulia itu adalah buah dari beribadah. 
3. Jadilah Mahasiswa yang berprestasi dibidang Akademik. Direktur menerangkan bahwa prestasi dibidang Akademik merupakan hal penting bagi mahasiswa, namun yang lebih penting adalah penerapannya di lingkungan masyarakat. Penerapan ilmu pendidikan yang kita dapatkan di bangku perkuliahan harus dibarengi dengan kepribadian yang baik. Perlu pendekatan yang mengedapankan akhlak mulia dalam penyampaian ilmu yang kita miliki kepada masyarakat", terangnya.

Direktur menjelaskan bahwa dikampus Poltesa banyak sekali fasilitas yang dapat di manfaatkan. Kampus juga sangat mendukung kegiatan-kegiatan ekstra kurikuler yang bisa diikuti mahasiswa, seperti kegiatan Olahraga, Seni, Budaya, dan Kegiatan-kegiatan Akademik seperti lomba-lomba. Direktur  menjelaskan bahwa Mahasiswa adalah terminal akhir pendidikan. Keberhasilan itu dipengaruhi oleh 2 faktor, yaitu faktor internal dan eksternal. Internal itu motivasi, dan eksternal itu berasal dari lingkungan.

Direktur juga berpesan bahwa "Mahasiswa adalah Duta Besar yang dapat menentukan keberhasilan diri sendiri. Jangan menjadi beban orang tua lagi. Saatnya sekarang kalian melepaskan diri, jangan selalu bergantung pda orang tua", pesannya. Selain itu, Direktur juga menghimbau bahwa pandai-pandai lah memilih teman. Pilih lah teman yang baik, yang dapat membawa kita pada kebaikan, kesuksesan, dan keberhasilan. Pendidikan karakter itu lebih mudah dan akan berhasil apabila disandingkan dengan nilai-nilai agama, maka hal yang paling penting dari yang terpenting sebagai kunci masa depan adalah agama", jelasnya.
------------------------------------
Disampaikan Oleh Tim Penyusun Informasi, Dokumentasi, dan Publikasi Poltesa

Tags:

Berita Terkait

Poltesa Gelar Aksi Bersih-Bersih Terbesar di Dunia Bersama 30 Relawan Peduli Lingkungan, dan Pemda Sambas

Poltesa.ac.id - Politeknik Negeri Sambas (Poltesa) Gelar Aksi Bersih-Bersih Terbesar di Dunia Bersama Pemerintah Daerah Kabupaten Sambas, Sabtu ..

"Poltesa Gelar Acara Penyambutan dan Pelepasan Mahasiswa Permata Sakti 2019"

Poltesa.ac.id - Politeknik Negeri Sambas (Poltesa) menggelar acara Penyambutan dan Pelepasan Mahasiswa Permata Tahun 2019 di Aula Rapat Direktorat ..

"Indonesia Berduka: Direktur Poltesa Sampaikan Belasungkawa Yang Mendalam Atas Wafatnya Bapak BJ. Habibie"

Poltesa.ac.id - Direktur, mewakili Seluruh Keluarga Besar Politeknik Negeri Sambas (Poltesa) menyampaikan Ungkapan Turut Berduka Cita yang sangat ..

"Para Mahasiswa Poltesa Sampaikan Testimoni Pengalaman Magang Bersertifikat BUMN Kepada Pimpinan Kampus"

Poltesa.ac.id - Kegiatan Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB) telah dilaksanakan selama 6 Bulan, mahasiswa Politeknik Negeri Sambas ..

Poltesa Kirim 7 Mahasiswa Program Magang Bersertifikat

Poltesa.ac.id - Dalam rangka meningkatkan kualitas lulusan, Politeknik Negeri Sambas menjalin kerjasama dengan beberapa BUMN yang di fasilitasi oleh ..