Home
Berita
"Poltesa Gelar Acara Penyambutan dan Pelepasan Mahasiswa Permata Sakti 2019"

"Poltesa Gelar Acara Penyambutan dan Pelepasan Mahasiswa Permata Sakti 2019"


Poltesa.ac.id - Politeknik Negeri Sambas (Poltesa) menggelar acara Penyambutan dan Pelepasan Mahasiswa Permata Tahun 2019 di Aula Rapat Direktorat Lantai II Poltesa pada Jumat, (13/09/2019) dalam Program Pertukaran Mahasiswa Tanah Air Nusantara-Sistem Alih Kredit Teknologi Informasi (Permata Sakti). Kegiatan ini dihadiri oleh Para Pejabat dilingkungan Poltesa, serta para Dosen, Teknisi, dan Staf Jurusan Teknik Mesin Poltesa. Wakil Direktur I Bidang Akademik, Andiyono menjelaskan "bahwa mahasiswa yang mengikuti program pertukaran atau yang akan menjalani Pertukaran ke Poltesa ini masing-masing adalah mahasiswa dari Jurusan Teknik Mesin", jelasnya.

Permata Sakti Tahun 2019 merupakan Program Pemerintah Republik Indonesia melaui Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (DITJENBELMAWA) Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, yang diselenggarakan dalam rangka meningkatkan wawasan kebangsaan dan Soft Skill mahasiswa serta peningkatan mutu Pendidikan Tinggi di Indonesia. Melalui program ini diharapkan agar para mahasiswa yang mengikuti kegiatan pertukaran dapat mengaplikasikan apa yang telah mereka peroleh selama di kampus mereka ke tempat tujuan kampus pertukaran, dan sebaliknya mereka dapat belajar banyak hal dari kampus tujuan pertukaran tersebut. Selain itu, para mahasiswa juga diajak untuk belajar dan memahami budaya dan kebiasaan di tempat pertukaran melalui adaptasi lingkungan dan mengikuti segala aktifitas kegiatan kemasyarakatan di tempat mereka tinggal.

Andiyono menjelaskan bahwa "program Permata Sakti 2019 ini tidak hanya persoalan akademik dan kemahasiswaan saja, namun lebih dari itu mahasiswa yang menjalani program pertukaran ini akan mendapatkan wawasan kebangsaan dan kecintaan terhadap tanah air, apalagi kampus Poltesa ini adalah kampus yang dekat dengan perbatasan antar negara, mahasiswa akan melihat bagaimana cara masyarakat perbatasan mempertahankan NKRI. Selain itu, mahasiswa juga akan mengalami kehidupan yang mungkin sebelumnya tidak pernah terbayangkan, mereka berada dilingkungan yang belum mereka kenal dan jauh dari keluarga, serta kebiasaan yang mungkin berbeda dari daerah asalnya, inilah tantangan dan pengalaman berharga yang harus mereka syukuri", jelasnya.

Lebih lanjut, Andiyono menjelaskan bahwa Program Permata Sakti ini akan berlangsung sejak Bulan September 2019 - Januari 2020 mendatang. Dalam kesempatan ini, Politeknik Negeri Samarinda dan Politeknik Manufaktur Bangka Belitung menjadi tempat tujuan pertukaran mahasiswa Poltesa, adapun mahasiswa Permata Sakti 2019 tersebut adalah sebagai berikut;

1. Poltesa ke Politeknik Negeri Samarinda : Anjar Meydiandri dan Risal.
2. Poltesa ke Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung (Polman Babel) : Didik Siswanto, Elwan, M.Hafizul, dan Zulkarnain.
3. Politeknik Negeri Samarinda ke Poltesa : Joshua Lefrand dan Yuda Herlin Pratama
4. Polman Babel ke Poltesa : Lian Lestari, Sutarmi, Finky Andesta.

Ketua Jurusan Teknik Mesin, Budi Setiawan  dalam sambutannya menyatakan "Selamat datang  mahasiswa Politeknik Negeri Samarinda dan mahasiswa Polman Babel ke kampus Poltesa, khususnya selamat datang di Jurusan Teknik Mesin yang nantinya akan menjadi tempat mahasiswa sekalian beraktifitas. Jangan sungkan, anggap saja seperti di kampus sendiri, jalani aktifitas dan rutinitas seperti biasa dan ikuti segala arahan dan aturan yang ada di Poltesa", pesannya.

Dalam kesempatan yang sama, Andiyono juga menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Ditjenbelmawa Kemenristekdikti atas program Permata Sakti 2019 ini, dan juga ucapan terimakasih kepada pihak kampus Politeknik Manufaktur Bangka Belitung dan pihak kampus Politeknik Negeri Samarinda atas partisipasinya dalam pertukaran mahasiswa ke kampus Poltesa, kami akan berusaha untuk menjaga dan membimbing mahasiswa Permata Sakti 2019 selama berada di Sambas, semoga mereka cepat beradaptasi dan betah di Sambas. Dengan adanya pertukaran mahasiswa ini, kami harap hubungan silaturahmi antar kampus akan semakin baik sehingga kerjasama-kerjasama dapat terus kita tingkatkan, bukan hanya pertukaran mahasiswa, namun lebih jauh seperti kerjasama riset dan sebagainya", harapnya.
----------------------------------------
Disampaikan oleh Tim Penyusun Informasi, Dokumentasi, dan Publikasi Poltesa

Tags:

Berita Terkait

P3M Poltesa Gelar Ekspo Produk-Produk Hasil PKM Dosen dan Mahasiswa

Poltesa.ac.id - Poltesa menggelar Ekspo P3M di Halaman Direktorat pada Rabu (27/11/2019). Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mempublikasikan ..

Dorong Inovasi Dan Implementasi Teknologi, Poltesa Gelar Seminar Nasional

Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (P3M) Politeknik Negeri Sambas, pada hari Jumát 29 November 2019 lalu menyelenggarakan ..

Poltesa Gelar Workshop Pengelolaan Keuangan

Poltesa.ac.id - Dalam rangka meningkatkan kapasitas SDM pengelola keuangan lingkup kampus, Politeknik Negeri Sambas (Poltesa) menggelar Workshop ..

"Poltesa Gelar Review Kurikulum Prodi Manajemen Bisnis Pariwisata"

Poltesa.ac.id - Politeknik Negeri Sambas (Poltesa) menggelar Review Kurikulum Program Studi (Prodi) Manajemen Bisnis Pariwisata (MBP) Jurusan Ekonomi ..

Poltesa Gelar Workshop Penulisan Proposal PKM Bagi Mahasiswa

Poltesa.ac.id - Politeknik Negeri Sambas (Poltesa) menggelar Workshop Penulisan Program Kewirausahaan Mahasiswa (PKM). Kegiatan ini diprakarsai oleh ..