Home
Berita
Poltesa Gelar Sidang Terbuka Senat dalam Rangka Wisuda Program Sarjana Terapan Angkatan Ke-II dan Program Diploma III Angkatan ke-IX Tahun 2019

Poltesa Gelar Sidang Terbuka Senat dalam Rangka Wisuda Program Sarjana Terapan Angkatan Ke-II dan Program Diploma III Angkatan ke-IX Tahun 2019

Poltesa.ac.id – Politeknik Negeri Sambas (Poltesa) menggelar Sidang Senat Terbuka Senat dalam Rangka Wisuda Program Sarjana Terapan Angkatan Ke-II dan Program Diploma III Angkatan ke-IX Tahun 2019 di Gedung Aula Utama Kantor Bupati Sambas pada Sabtu, (28/09/2019). Prosesi Sidang Terbuka Senat dan Upacara Wisuda merupakan agenda tahunan Poltesa. Tahun ini Poltesa me-Wisuda 252 orang Mahasiswa dari 9 Program Studi (Prodi), masing-masing Prodi mewakili 4 Jurusan yang ada di Politeknik Negeri Sambas, diantaranya adalah Jurusan Teknik Mesin, Jurusan Agribisnis, Jurusan Manajemen Informatika, dan Jurusan Akuntansi dan Bisnis. Ketua Senat, Iman Syahrizal, dalam sambutannya sekaligus membuka Sidang Terbuka Senat menyampaikan rasa bangga kepada para Wisudawan dan Para Orang tua wisudawan, beliau juga mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Direktur, Para Wakil Direktur, Ketua Jurusan/Ketua Prodi, dan Seluruh Unsur Pimpinan, Para Tenaga Kependidikan beserta segenap Sivitas Akademika Poltesa karena telah melaksanakan tugasnya sebagai pendidik dan melakukan pelayanan akademik kepada seluruh mahasiswa hingga mereka dapat menyelesaikan studinya dan melaksanakan Prosesi Wisuda hari ini.

Pada kegiatan Sidang Senat Terbuka dan Wisuda ini juga terdapat satu prosesi Upacara lainnya, yaitu Yudisium. Yudisium adalah prosesi penyerahan mahasiswa yang akan di Wisuda dari Jurusan ke Direktur. Pada kesempatan ini, Ketua Jurusan Manajemen Informatika, Uray Heri Mulyanto yang ditunjuk untuk mewakili prosesi Yudisium tersebut. Dalam sambutannya, ia menyampaikan bahwa terdapat peningkatan jumlah lulusan di tahun 2019 ini dari tahun-tahun sebelumnya. Tahun 2019 ini Poltesa meluluskan 263 mahasiswa, dan yang menggelar wisuda sebanyak 252 orang wisudawan. Sebanyak 11 orang lulusan tidak dapat menggelar wisuda tahun ini karena masih ada ikatan magang, 2 orang Magang di BUMN Jakarta dan 9 orang masih magang di Jepang. Lebih lanjut, Uray Heri melaporkan bahwa tahun 2019 ini terdapat 9 Prodi atau 4 Jurusan yang me-wisuda mahasiswanya, diantaranya 96 Orang wisudawan dari Jurusan Agribisnis, 49 Orang wisudawan dari Jurusan Teknik Mesin. 34 Orang wisudawan dari Jurusan Akuntansi dan Bisnis, dan 73 Orang wisudawan dari Jurusan Manajemen Informatika.

Turut hadir dalam Upacara Wisuda Poltesa 2019 ini beberapa tamu undangan, diantaranya Asisten III Administrasi dan Umum Setda Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) yang mewakili Gubernur Kalbar, Yaitu Dra. Marlyna Almuthar, M.Si. Selain itu, juga hadir para Dewan Pembina dan Pendiri Poltesa, Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas, Mitra Kerjasama Poltesa, Kepala Pengadilan Agama Sambas, Kepala Pengadilan Negeri Sambas, Kompi Sambas, Camat Pemangkat, Camat Sejangkung, Para Kepala Sekolah Kabupaten Sambas, Tokoh Masyarakat Sambas, Dosen dan Tenaga Kependidikan Poltesa, Orang Tua Wisudawan, dan juga Undang-undangan lainnya.

Diantara sekian banyak tamu undangan, juga turut hadir orang tua wisudawan yang memancarkan rasa haru dan bahagia karena anak mereka telah berhasil mencapai gelar Diploma dan Sarjana terbaik dengan IPK tertinggi. Berikut nama-nama wisudawan terbaik Program Diploma III dan Sarjana Terapan Poltesa tahun 2019;

  1. Kurnia Wati, Prodi Akuntansi Keuangan Perusahaan dengan IPK 3,94
  2. Putri Wulan Dari, Prodi Manajemen Bisnis Pariwisata dengan IPK 3,88
  3. Cahya Sari, Prodi Teknik Multimedia dengan IPK 3,95
  4. Annisa Mega, Prodi Agroindustri Pangan dengan IPK 3,92
  5. Jimi, Prodi Agribisnis Perikanan dan Kelautan dengan IPK 3,56
  6. Yogi Hardi, Prodi Teknik Mesin Pertanian dengan IPK 3,72
  7. Lastri, Prodi Agrobisnis dengan IPK 3,62
  8. Muhammad Syamsudin Bahri, Prodi Manajemen Informatika dengan IPK 3,88
  9. Abdurrasyid, Prodi Teknik Mesin dengan IPK 3,54

Salah satu wisudawan terbaik, yaitu Muhammad Syamsudin Bahri dari Prodi Manajemen Informatika mewakili para wisudawan untuk memberikan kesan dan pesan wisudawan. Menurutnya sebagai alumni Poltesa, kita harus memberikan yang terbaik untuk perkembangan dan kemajuan Kabupaten Sambas, dan kita buktikan kepada masyarakat bahwa lulusan Poltesa adalah lulusan yang mampu mengimplementasikan ilmu dan keahlian yang telah kita dapatkan dari proses belajar di Kampus Politeknik Negeri Sambas, saya juga mewakili teman-teman wisudawan hari ini mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para Dosen kami yang telah memberikan pendidikan sehingga kami sekarang memiliki keterampilan, ilmu, dan karakter sebagai insan intelektual yang siap memajukan bangsa ini, dan juga kami ucapkan terimakasih kepada para staf Jurusan/Prodi, dan staf akademik/kemahasiswaan yang dengan sabar melayani kebutuhan akademik kami semua. Dalam kesempatan ini kami juga ingin menyampaikan kabar bahagia kepada para orangtua kami, tanpa mereka kami bukanlah apa-apa, karena orang tua kami lah yang telah membesarkan, merawat, mendidik, dan membiayai kehidupan kami sehiangga kami dapat berada di posisi sekarang ini, ucapan terimakasih rasanya belum cukup untuk membayar segala jasa-jasanya, kami berjanji akan selalu membuat orangtua kami bahagia, merawat, dan menjaganya sepanjang hayat kami” tegasnya.

Direktur Poltesa, Mahyus mengatakan bahwa tahun ini terjadi peningkatan yang sangat signifikan dari kuantitas dan kualitas lulusan Poltesa. Secara kuantitas lulusan Poltesa Tahun Akademik 2018/2019 ini mencapai 263 orang dengan jumlah wisudawan sebanyak 252 orang, sebelumnya Tahun Akademik 2017/2018 lulusan Poltesa hanya berjumlah 105 orang. Sedangkan secara kualitas, tahun 2019 ini jumlah wisudawan dengan predikat cumlaude atau dengan pujian mencapai 30%. Direktur juga menyampaikan ucapan terimaksih yang sebesar-besarnya kepada para Dosen dan Staf Jurusan/Prodi atas capaian ini, serta penghargaan yang setinggi-tingginya kepada orangtua wisudawan karena telah berhasil membawa anak-anaknya pada posisi ini, sentuhan orangtua adalah penentu dari keberhasilan para wisudawan sekalian. Direktur juga menyampaikan terimakasih kepada para tamu undangan yang bersedia meluangkan waktunya untuk menghadiri prosesi upacara wisuda ini. Dalam sambutannya, Direktur juga berpesan kepada seluruh wisudawan agar selalu menjaga silaturahmi dengan kampus, “wisuda ini bukan akhir dari silaturahmi kita, Alumni Poltesa merupakan Keluarga Besar Politek Negeri Sambas, jadi jangan sungkan dan ragu untuk datang ke kampus” ujarnya. Selain itu, Direktur juga berpesan kepada para wisudawan agar selalu belajar dan mengembangkan diri, wisuda ini bukan akhir dari perjalanan kalian menuntu ilmu, wisuda ini merupakan estafet dari perjalanan hidup kalian semua. Lebih lanjut Direktur menjelaskan agar para wisudawan dapat mengimplementasikan ilmu, keahlian, dan keterampilan yang diperoleh untuk sebesar-besarnya bagi kebermanfaatan masyarakat luas. Direktur juga mengingatkan para wisudawan, “agar selalu berbakti kepada orangtua, jaga dan rawat orangtua kalian, bahagiakan mereka” pesannya.

 

 

Tags:

Berita Terkait

"Poltesa Gelar Review Kurikulum Prodi Manajemen Bisnis Pariwisata"

Poltesa.ac.id - Politeknik Negeri Sambas (Poltesa) menggelar Review Kurikulum Program Studi (Prodi) Manajemen Bisnis Pariwisata (MBP) Jurusan Ekonomi ..

Poltesa Gelar Workshop Penulisan Proposal PKM Bagi Mahasiswa

Poltesa.ac.id - Politeknik Negeri Sambas (Poltesa) menggelar Workshop Penulisan Program Kewirausahaan Mahasiswa (PKM). Kegiatan ini diprakarsai oleh ..

Poltesa Terima Kunjungan DJKN Goes To Campus

Poltesa.ac.id - Politeknik Negeri Sambas (Poltesa) terima kunjungan Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Goes to Campus pada hari Rabu, ..

Poltesa Gelar Upacara Bendera Peringatan Hari Pahlawan 2019

Poltesa.ac.id - Tanggal 11 November 2019 Politeknik Negeri Sambas (Poltesa) menggelar Upacara Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2019 di Halaman Depan ..

Poltesa Gelar Workshop Peningkatan Pedagogik Dosen (Pra-Pekerti) dan BIMTEK Evaluasi Kinerja Pegawai (Tendik)

Poltesa.ac.id - Politeknik Negeri Sambas (Poltesa) menggelar Workshop  Peningkatan Pedagogik Dosen (Pra-Pekerti) dan BIMTEK Evaluasi Kinerja ..