Home
Berita
"Poltesa Gelar Sosialisasi dan Pelatihan Menulis Buku Ber-ISBN dan Jurnal Ilmiah ber-ISSN"

"Poltesa Gelar Sosialisasi dan Pelatihan Menulis Buku Ber-ISBN dan Jurnal Ilmiah ber-ISSN"

Poltesa.ac.id - Politeknik Negeri Sambas (Poltesa) menggelar Sosialisasi dan Pelatihan Menulis Buku Ber-ISBN dan Jurnal Ilmiah ber-ISSN pada Minggu (20/10/2019) di Aula Gedung Direktorat Poltesa. Kegiatan ini terlaksana atas kerjasama antara Poltesa dan Yudha English Gallery. Yudha English Gallery merupakan Penyelenggara tes resmi Bahasa Inggris dan Penerbit Buku Ber-ISBN Jurnal Ilmiah ber-ISSN yang didirikan pada tahun 2009 di Pontianak. Pada awal terbentuknya, lembaga ini merupakan lembaga kursus bahasa Inggris. Namun, sekarang Yudha English Gallery berdiri dengan menyediakan banyak tes resmi seperti tes TOEFL ITP, TOEFL IBT, TOEIC.  Selain kursus dan tes, lembaga ini juga menawarkan produk pelatihan bahasa Inggris kepada instansi-instansi baik Swasta dan Negeri.

Kegiatan Sosialisasi dan Pelatihan Menulis Buku Ber-ISBN dan Jurnal Ilmiah ber-ISSN ini bertujuan untuk memberikan sosialisasi  Pelatihan Menulis Buku Sampai terbit Ber-ISBN dan Jurnal Ilmiah ber-ISSN kepada masyarakat dan membuka wawasan para peserta tentang pentingnya menulis buku saat ini. Dalam Sambutannya, Meniwati, S.S., M. Hum yang juga Penanggungjawab Kegiatan ini menjelaskan bahwa Sosialisasi dan Pelatihan Menulis Buku ini merupakan agenda pertama yang diselenggarakan oleh Poltesa tentang Pelatihan Menulis Buku. "Kami harapkan semoga acara ini dapat membuka wawasan kita tentang pentingnya membuat buku, sehingga masyarakat mendapat keuntungan dari membuat buku dimasa yang akan datang, dan kami berharap agar event-event seperti ini dapat terselenggara lebih semarak lagi" tuturnya.

Pelatihan ini dihadiri kurang lebih 20 orang dari berbagai latar belakang, diantaranya adalah Dosen, Guru, Mahasiswa, Pelajar, dan unsur masyarakat umum. Seluruh peserta terlihat antusias mengikuti kegiatan ini, penyampaian materi yang disampaikan oleh narasumber benar-benar menarik perhatian para peserta.

Pemaparan yang disampaikan oleh Rahmat Putra Yudha, M.Ed. TESOL sebagai narasumber tunggal dalam kegiatan ini benar-benar memberikan informasi yang bermanfaat bagi para peserta yang hadir. Adapun materi-materi yang disampaikan meliputi

Keuntungan dalam menulis buku, Filosofi menulis, Langkah-langkah Sederhana dalam menulis, Jenis-Jenis Tulisan, Teknik Menulis, dan banyak lagi materi-materi lain yang lebih menarik lagi.

Menurut Yudha, ia hadir sebagai perwakilan guru yang awalnya dilandasi keinginan untuk memfasilitasi para guru dalam menerbitkan buku. Yudha melihat banyak terjadi masalah terkait Penerbitan Karya Tulis yang dihadapi oleh para guru, karena salah satu syarat untuk kenaikan pangkat para guru adalah dengan menerbitkan Karya Tulis Ilmiah yang Ber-ISBN dan Jurnal Ilmiah ber-ISSN. "Saat ini para Guru sedang mengalami permasalahan dalam upaya kenaikan pangkat, karena salah satu syaratnya adalah Penerbitan Karya Tulis Ilmiah. Untuk itu, Yudha English Gellery didirikan agar dapat membantu para guru dan masyarakat umum dalam menerbitkan Karya Tulis Ilmiahnya" ungkapnya.

Meniwati menjelaskan bahwa Output yang diharapkan dari kegiatan ini adalah "para peserta mengetahui pentingnya manfaat menulis buku, agar kedepannya dapat mengabadikan sebuah karya sebagai wujud kreatifitasnya. Selain itu, kegiatan ini juga sebagai langkah untuk membangun semangat menulis bagi masyarakat, karena proses menulis dan menerbitkan buku sebenarnya tidaklah rumit, selama kita terus belajar sampai akhirnya mengetahui dan memahami metode penulisan yang baik dan benar dengan cara berlatih secara konsisten" tutupnya.

Tags:

Berita Terkait

Rilis Resmi SNMPN 2020

Hari Ini, Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri Se-Indonesia Resmi Dibuka (Jakarta, 6 Januari 2020) 42 Politeknik Negeri se-Indonesia resmi ..

KSR PMI Poltesa Gelar Kegiatan Donor Darah

Poltesa.ac.id - Sabtu, 21 Desember 2019 KSR PMI UNIT Politeknik Negeri Sambas (Poltesa)  kembali menggelar kegiatan Donor Darah serangkaian ..

PENGUMUMAN TENTANG HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PENERIMAAN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL (CPNS) KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN TAHUN 2019 (TERMASUK UNTUK FORMASI PENDIDIKAN TINGGI)

Pengumuman Tentang Hasil Seleksi Administrasi Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2019 (Termasuk ..

PENGUNDURAN JADWAL PENAYANGAN PENGUMUMAN HASIL SELEKSI ADMINISTRASI CPNS KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN TAHUN 2019 (TERMASUK FORMASI DIKTI)

Sehubungan dengan perpanjangan masa pendaftaran Seleksi CPNS Kemendikbud (Dikti) selama 4 hari, yang semula sampai dengan tanggal 5 Desember 2019 ..

P3M Poltesa Gelar Ekspo Produk-Produk Hasil PKM Dosen dan Mahasiswa

Poltesa.ac.id - Poltesa menggelar Ekspo P3M di Halaman Direktorat pada Rabu (27/11/2019). Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mempublikasikan ..