Home
Berita
Dihadapan Tim Monev Komisi Informasi Kalbar: PPID Poltesa Sampaikan Rencana Inovasi Layanan Keterbukaan Informasi Publik

Dihadapan Tim Monev Komisi Informasi Kalbar: PPID Poltesa Sampaikan Rencana Inovasi Layanan Keterbukaan Informasi Publik

Poltesa.ac.id - Politeknik Negeri Sambas (Poltesa) Terima kunjungan Tim Monitoring Evaluasi (Monev) Badan Publik dari Komisi Informasi Provinsi Kalimantan Barat. Monev  tersebut merupakan proses visitasi pelaksanaan Keterbukaan Informasi Publik terhadap layanan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Poltesa. Kunjungan Monev ini dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi Informasi Provinsi Kalbar, M. Darrusalam yang disambut langsung oleh Direktur Poltesa beserta unsur Pimpinan lainnya di Ruang Rapat Wakil Direktur I Poltesa, Rabu (30/10/2019).

Dalam pemaparannya, Direktur Poltesa Mahyus, S.Pd.,SE.,MM menyampaikan tentang beberapa hal terkait Pengelolaan PPID Poltesa, Diantaranya adalah tentang 1. Profil PPID Poltesa; 2. Dasar Hukum Pembentukan PPID Poltesa; 3. Program Kerja PPID Poltesa Tahun 2019, dan Program Kerja PPID Tahun 2020; 4. Capaian Program Kerja PPID Poltesa;  2019; 5. Rencana Layanan Informasi Digital Poltesa; 6. Rencana  Pengembangan Aplikasi Android PPID Poltesa; 7. Rencana Alat Ukur Kepuasan Publik Digital; 8. Pengembangan Desain Interior Front Office; 9. Menjalankan Kuesioner Survey Kepuasan Masyarakat terhadap Layanan Informasi; dan 10. Menyampaikan tentang Kelengkapan Dokumen PPID Poltesa.

Lebih lanjut Direktur yang juga Atasan PPID Poltesa itu menyampaikan bahwa "Untuk menjamin Sistem Keterbukaan Informasi Publik, PPID Poltesa merencanakan pengembangan dan inovasi-inovasi layanan informasi yang mudah, murah, cepat, dan akurat melalui layanan Digital PPID Online berbasis Teknologi Sistem Informasi, diantaranya adalah layanan informasi melalui website ppid.poltesa.ac.id, dan aplikasi PPID Android yang dapat di Download di Playstore. Selain itu, PPID Poltesa juga akan mengembangkan pelayanan informasi offline di front office dengan cara pengembangan SDM, melengkapi sarana dan prasarana informasi di front office, serta pengembangan layanan informasi digital di front office Poltesa, dan menerapkan survey kepuasan publik berbasis digital di front office, agar Poltesa dapat mengetahui respon publik, apakah negative feedback, ataupun positif feedback, sehingga Poltesa dapat selalu melakukan perbaikan dalam melaksanakan pelayanan publik," jelasnya.

Darussalam mengatakan, Monev atau Visitasi ini dilaksanakan untuk mengevaluasi implementasi Undang-Undang nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik yang telah diterapkan oleh Badan Publik. Komisi Informasi ingin melihat sejauh mana implementasi itu telah diterapkan.
“Selain melihat sejauh mana implementasi keterbukaan informasi publik, kita juga mengecek dokumen dan sarana pendukung yang menunjang pelayanan informasi kepada masyarakat. Kami melihat Pelayanan PPID Poltesa cukup baik, namun kedepan akan tetap ditingkatkan dengan berbagai inovasi-inovasi yang dapat mempermudah pelayanan kepada masyarakat," ujarnya

Dengan adanya Visitasi Komisi Informasi (KI) terhadap layanan PPID Poltesa, Direktur berharap bahwa visitasi ini mendapat respon dan hasil yang baik dari Tim Monev KI terkait layanan PPID Poltesa. Walaupun demikian, Kami menyadari masih banyak kekurangan dan kelemahan PPID Poltesa. Maka dengan adanya visitasi ini kami merasa telah mendapat banyak masukan yang sangat berarti. 
Sebagai Badan Publik, Poltesa sangat berharap mendapat masukan dari berbagai pihak demi kemajuan pelayanan publik di Poltesa. Untuk itu, kami merasa bahwa kedatangan Tim Monev kemarin benar-benar memberikan inspirasi dan pencerahan bagi kami terkait bagaimana cara mengelola layanan PPID yang baik dan benar sesuai prosedur dan peraturan yang berlaku. Kami mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Tim Monev KI  dan rombongan yang berkenan hadir di Poltesa, semoga dengan adanya visitasi ini, komunikasi, koordinasi dan kerjasama antara Poltesa, KI Prov Kalbar, PPID Prov Kalbar, dan juga instansi terkait menjadi semakin baik.

Turut hadir dalam visitasi ini beberapa pejabat dan staf di lingkungan Poltesa, diantaranya;

1. Direktur Poltesa, Mahyus, S.Pd.,SE.,MM (Atasan PPID Poltesa)

2. Wakil Direktur II, Sri Mulyati, SE.,ME (PPID Pelaksana)

3. Wakil Direktur III, Yuliansyah, SE.,ME (PPID Pembantu)

4. Wakil Direktur IV, Erik Darmansyah, SP.,MMA (PPID Pembantu)

5. Plt. Kabag BUK, Eny Achyani, S.STP.,M.Dev (Koordinator Bidang Pengelolaan Informasi dan Dokumentasi PPID Poltesa)

6. Staf Humas dan Layanan PPID Poltesa, Alang Gunarto, S.Hum

7. Staf Front Office, Sundari, A.md

================
Laporan Tim Humas dan PPID Poltesa

Tags:

Berita Terkait

Mahasiswa Poltesa Tetapkan Komisioner KPURM PEMIRAMA Tahun 2020

Poltesa.ac.id-Pada hari selasa, 28 januari 2020 telah terlaksana Pelantikan Komisioner KPURM Politeknik Negeri sambas Tahun 2020 yang bertempat di ..

Pengumuman Tentang Daftar Peserta, Waktu, dan Tempat Seleksi Kompetensi Dasar Dalam Rangka Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Formasi Tahun Anggaran 2019 (TERM

Pengumuman Tentang Daftar Peserta, Waktu, dan Tempat Seleksi Kompetensi Dasar Dalam Rangka Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil Kementerian ..

Rilis Resmi SNMPN 2020

Hari Ini, Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri Se-Indonesia Resmi Dibuka (Jakarta, 6 Januari 2020) 42 Politeknik Negeri se-Indonesia resmi ..

KSR PMI Poltesa Gelar Kegiatan Donor Darah

Poltesa.ac.id - Sabtu, 21 Desember 2019 KSR PMI UNIT Politeknik Negeri Sambas (Poltesa)  kembali menggelar kegiatan Donor Darah serangkaian ..

PENGUMUMAN TENTANG HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PENERIMAAN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL (CPNS) KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN TAHUN 2019 (TERMASUK UNTUK FORMASI PENDIDIKAN TINGGI)

Pengumuman Tentang Hasil Seleksi Administrasi Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2019 (Termasuk ..