Home
Sejarah

Sejarah

Rintisan Pendirian Politeknik Negeri Sambas dimulai dari tahun 2005 bekerjasama dengan LPKM Untan melalui kegiatan Studi Sikap Masyarakat Terhadap Keberadaan Politeknik di Sambas dan pada tahun 2006 dilanjutkan dengan kegiatan Studi Kelayakan. Hasil dari survey penyusunan Studi Kelayakan terhadap 199 responden di 4 (Empat) kecamatan yaitu kecamatan Sambas, Teluk Keramat, Tebas dan Pemangkat serta pada 5 (Lima) SLTA utama di Kabupaten Sambas, menunjukkan bahwa 96% siswa berminat Kuliah di Politeknik dan 98% orang tua siswa mendukung Pendirian Politeknik di Sambas.

Pada Tahun 2007, dibentuk Tim Pendirian Politeknik Sambas dengan SK Bupati       No. 206 Tahun 2007 tanggal 2 Juli 2007 yang bertugas melanjutkan proses Rintisan Pendirian Politeknik Sambas dengan tugas Pokok untuk menyusun dan merumuskan arah kebijakan  kegiatan  Persiapan  Pendirian  Politeknik  Sambas serta mengkoordinasikan kegiatan-kegiatan dan Pengendalian Pengawasan pelaksanaanya.

Kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh Tim tersebut adalah :

  1. Penyempurnaan Studi Kelayakan.
  2. Penyusunan Proposal Usul Pendirian Politeknik Sambas.
  3. Penyusunan Project Implemention Plan.
  4. Kegiatan Site Visit.
  5. Kegiatan Negoisasi Project Implemention Plan.
  6. Penandatanganan MoU Pemda Sambas dengan DIKTI.
  7. Penyusunan Proposal Izin Operasional Politeknik Sambas.
  8. Rekrutmen Dosen, Instruktur, Teknisi dan Staf Administrasi.

Dari serangkain kegiatan yang telah dilaksanakan, akhirnya pada tanggal 08 Juli 2008 diterima Surat Keputusan Dirjen Dikti No. 110/D/0/2008 tentang izin operasional yang berarti Politeknik Terpikat Sambas sudah resmi untuk melaksanakan proses perkuliahan. Dalam perjalanannya selama  4 tahun 6 bulan Politeknik Terpikat Sambas secara kelembagaan berubah status dari Perguruan Tinggi Swasta menjadi Perguruan Tinggi Negeri berdasarkan Permendikbud Nomor 15 tahun 2013 tentang Pendirian, Organisasi dan Tata Kerja Politeknik Negeri Sambas yang kemudian diresmikan secara langsung oleh Mendikbud, Bapak Prof. Dr. Ir. H. Muhammad Nuh, DEA pada tanggal 09 Maret 2013 di Kampus Politeknik Negeri Sambas.