Home
Sejarah

Sejarah

Pendirian Politeknik Sambas diawali dengan kegiatan studi Sikap Masyarakat terhadap Rencana Pendirian Politeknik Sambas yang dilaksanakan pada tahun 2005.Dilanjutkan dengan kegiatan Studi Kelayakan Pendirian Politeknik Sambas pada tahun 2006.Pada tahun 2007, diajukan usul pendirian Politeknik Sambas ke Dirjen Dikti oleh Tim Perintis Pendirian yang dibentuk dengan SK Bupati Sambas No. 206/2007 tanggal 2 Juli 2007.Sejalan dengan usulan tersebut, Dirjen Dikti membuka Program Hibah Batch 2 Pendirian Politeknik di Indonesia.Setelah terpenuhi semua persyaratan pendirian politeknik, tanggal 19 Desember 2007 dilakukan MoU antara Pemerintah daerah Sambas dengan Dirjen Dikti tentang Pendirian Politeknik Negeri Sambas.  Kemudian dibentuk Yayasan Terpikat Sambas dengan Akta Pendirian No. 05 tanggal 9 Februari 2008 yang nantinya akan menaungi Politeknik Sambas.  Selanjutnya Pemerintah daerah kabupaten Sambas menerbitkan Perda no: 08 Tahun 2008 tentang Pendirian Politeknik Sambas.  Izin Operasional Politeknik Terpikat Sambas diterbitkan pada tanggal 10 Juli 2008 dengan SK Dirjen Dikti No : 110/D/O/2008.  Pelaksanaan Perkuliah Perdana diselenggarakan mulai tanggal 7 September 2008. Tempat perkuliahan masih bertempat di SMA Negeri I Sambas.

Dengan berjalannya waktu, dalam rangka percepatan pengembangan Politeknik Sambas ini, maka salah satu upaya yang harus dilakukan adalah merubah status dari swasta menjadi negeri.Adapun yang menjadi latar belakang penegerian ini adalah sebagai berikut :

  • Politeknik  Terpikat  Sambas merupakan salah satu Politeknik dari 14 Politeknik milik Pemerintah daerah  yang pendiriannya atas dukungan penuh dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Dukungan dan bantuan yang diberikan meliputi;
    • technical assistant perumusan studi kelayakan sampai keluarnya izin operasional,
    • Bantuan dana dari APBN (dengan komposisi 70 % RAPBN : 30 % APBD) untukpengembangan staf (di dalam dan luar negeri, degree dan non degree program), pengadaanperalatan laboratorium, perpustakaan, technical assistant untuk manajemen, dosen dll.
  • Kesenjangan  tarap pendidikan dan keterampilan antara Indonesia dalam hal ini penduduk Sambas dengan Malaysia akan menimbulkan efek psikologis dan politis atau dapat dirangkum dalam konteks sistem HANKAMRATA IPOLEKSOSBUD ( Pertahanan keamanan semesta, ideologi, politik, ekonomi, sosial dan budaya.

Adapun yang menjadi alasan dari usul penegerian ini adalah :

  • Perkembangan wilayah yang sangat cepat baik yang menuntut antisipasi pengembangan pendidikan tinggi baik dari jenis program studi maupun jenjang, hal ini menuntut investasi yang cukup besar melebihi kemampuan daerah. Program studi yang layak untuk dibuka yang sesuai dengan kebutuhan wilayah adalah Teknik Kimia, Teknik Pengelasan bawah Laut, Teknik Sipil, Teknik Refrigasi, Teknik Listrik, Teknik Elektronika, Akuntansi, Administrasi Bisnis, Usaha Perjalan Wisata, Manajemen Aset.
  • Luas wilayah Kabupaten Sambas 6395,70 km persegi dengan jumlah penduduk 538.799 jiwa dengan jumlah SMA/MA sebanyak 34 sekolah dengan jumlah siswa 7.521 dan jumlah SMK sebanyak 21 sekolah dengan jumlah siswa sebanyak 4.310 siswa, memerlukan pendidikan lanjut, mengingat keberadaan Politeknik terdekat adalah Politeknik Negeri Pontianak dengan waktu tempuh perjalanan 5-6 jam perjalan darat
  • Dengan menjadi Politeknik negeri pemerintah pusat dapat mengintergrasikan program pemerintah dalam pendidikan tinggi untuk mengantisipasi dan menetralisir dampak negatif dan mengeksploitasi dampak positif dari keberadaan geopolitik dan ekonomi sebagai bagian terdepan dari batas dengan wilayah Malaysia.
  • Dapat berperan lebih optimal dalam menunjang Program Pemerataan dan Perluasan Akses Pendidikan Nasional.

Atas dasar latar belakang dan alasan tersebut di atas, maka diusulkanlah Naskah Akademik usul Penegerian Politeknik Terpikat Sambas.Setelah melalui serangkaian tahapan seleksi dan penilaian, maka pada akhirnya Dirjen Dikti menyetujui perubahan status dari swasta menjadi negeri melalui Permendikbud No: 15 Tahun 2013 dan diresmikan pada tanggal 9 Maret 2013 oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bapak. Mohammad Nuh bertempat di Kampus Politeknik Negeri Sambas.

Galeri Kampus

Testimonial

  • internet kampus kita mulai lemot nih, semoga 2016 bisa lebih cepat lagi Rani

  • Salam Teknologi Transformasi website POLTESA YUDI

  • Semoga dapat mencetak insan cerdas dibidangnya... Poltesa go go SysHelp