Home
SATUAN PENGAWASAN INTERNAL

SATUAN PENGAWASAN INTERNAL

SATUAN PENGAWASAN INTERNAL
POLITEKNIK NEGERI SAMBAS
TAHUN 2018

1. GAMBARAN SINGKAT
Sesuai dengan Peraturan Pemerintah nomor 60 tahun 2008 tentang Sistem Pengendalian Intern Pemerintah ( SPIP ), maka setiap kementerian dan lembaga diwajibkan untuk mengendalikan seluruh kegiatan dengan menyelenggarakan sistem pengendalian intern. Tujuannya adalah untuk menjamin keselarasan dan memastikan bahwa tujuan organisasi dapat tercapai sesuai dengan visi dan misi. Untuk menindaklanjuti PP Nomor 60 tahun 2008 tersebut maka Departemen Pendidikan Nasional mengeluarkan Permendiknas Nomor 44 tahun 2011 tentang Sistem Pengendalian Intern Pemerintah ( SPIP ) dilingkungan Kemendiknas.
Dalam semangat reformasi birokrasi, penguatan tatakelola dan akuntabilitas di lingkungan Departemen Pendidikan Nasional telah dilakukan pembentukan Satuan Pengawasan Internal (SPI). Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI No.16 tahun 2009 tentang Satuan Pengawasan Intern di Lingkungan Depdiknas, setiap unit kerja di lingkungan Depdiknas menfaslitasi pembentukan SPI ini. Tanggung jawab tersebut yang mendasari Direktur Politeknik Negeri Sambas untuk membentuk Satuan Pengawas Internal ( SPI ) di Poltesa.
Mengacu pada Permendiknas No. 16 tahun 2009 tentang Satuan Pengawas Intern di lingkungan Departemen Pendidikan Nasional, pengawasan internal meliputi kegiatan audit, reviu, evaluasi, pemantauan yang bertujuan mengendalikan kegiatan, mengamankan harta dan aset, terselenggaranya laporan keuangan yang baik, meningkatknya efektivitas dan efesiensi, dan mendeteksi secara dini terjadinya penyimpangan dan ketidakpatuhan terhadap ketentuan perundang-undangan.
Sedangkan dalam Permendiknas No. 47 tahun 2011 pasal 1 menyebutkan bahwa dalam peraturan menteri ini yang dimaksud dengan Pengawasan intern adalah seluruh proses kegiatan audit, reviu, evaluasi, pemantauan, dan kegiatan pengawasan lain terhadap penyelenggaraan tugas dan fungsi organisasi yang bertujuan untuk mengendalikan kegiatan, mengamankan harta dan asset, terselenggarnya laporan keuangan yang baik, meningkatkan efektifitas dan efisiensi, dan mendeteksi secara dini terjadinya penyimpangan dan ketidakpatuhan terhadap ketentuan peraturan perundang-undangan.

2. VISI & MISI

VISI
SPI Politeknik Negeri Sambas sebagai Auditor Internal yang Profesional dan Independen dalam Melaksanakan Tugas, Fungsi dan Tanggung Jawab dalam Penguatan Tata Kelola, Akuntabilitas dan Citra Publik Pendidikan untuk Mewujudkan Good Governance atas Penyelenggaraan Kegiatan Politeknik Negeri Sambas.

MISI

 Membantu pimpinan Politeknik Negeri Sambas untuk mengidentifikasi, meminimalkan dan berupaya semaksimal mungkin mengurangi terjadinya resiko atas penyelenggaraan kegiatan Politeknik Negeri Sambas.
 Sebagai mitra kerja diberbagai tingkat manajemen dan melakukan fasilitas serta bimbingan dalam mengelola berbagai kegiatan yang dinilai berpotensi menimbulkan masalah dan membantu mengatasi berbagai masalah yang dihadapi
 Bersama sama dengan pimpinan Politeknik Negeri Sambas turut serta mengantarkan dan menjaga lembaga Politeknik Negeri Sambas pada kondisi akuntabel.

3. STRUKTUR ORGANISASI
    KETUA             : HAMDI, SP.,MP
    SEKRETARIS    : NURLAILA, SH
    ANGGOTA        : 1. URAY HESTY ARYA, SE
                              2. RIA FATMAWATI, S.ST