Home
BAGIAN UMUM DAN KEUANGAN POLITEKNIK NEGERI SAMBAS

BAGIAN UMUM DAN KEUANGAN POLITEKNIK NEGERI SAMBAS

Politeknik Negeri Sambas (Poltesa) merupakan salah satu Perguruan Tinggi Negeri Baru (PTNB) yang diresmikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Prof. Dr. Ir. H. Mohammad Nuh, DEA pada tanggal 9 Maret 2013. Dalam Proses Belajar Mengajar Poltesa memerlukan Tenaga Pendidik yang bermutu, namun untuk urusan administrasi dan ketatalaksanaan Poltesa membutuhkan Tenaga Kependidikan yang profesional dan berkualitas. Untuk itu, Bagian Umum dan Keuangan (BUK) Poltesa dibentuk sebagai usaha untuk menyempurnakan Pelayanan administrasi Lembaga. BUK sebagaimana dimaksud dalam Pasal 10 ayat (3) huruf b dalam Permen Nomor 15 Tahun  2013 adalah sebagai pelaksana tugas urusan ketatausahaan, kerumahtanggaan, barang milik negara, ketatalaksanaan, hubungan masyarakat, kepegawaian, dan keuangan di lingkungan Poltesa. 

Dalam melaksanakan tugasnya, Bagian Umum dan Keuangan menyelenggarakan beberapa fungsi, diantaranya:

a. pelaksanaan urusan ketatausahaan dan kerumahtanggaan;

b. pelaksanaan urusan barang milik negara;

c. pelaksanaan urusan hukum, organisasi, dan ketatalaksanaan;

d. pelaksanaan urusan hubungan masyarakat;

e. pelaksanaan urusan kepegawaian; dan

f. pelaksanaan urusan keuangan.  

Bagian Umum dan Keuangan terdiri atas beberapa Subbagian, diantaranya:

a. Subbagian Umum dan Kepegawaian; 

b. Subbagian Keuangan; dan

c. Kelompok Jabatan Pelaksana dan Jabatan Fungsional. 

Subbagian Umum dan Kepegawaian mempunyai tugas melakukan urusan persuratan, kearsipan, dokumentasi, keamanan, ketertiban, kebersihan, keindahan, keprotokolan, hukum, organisasi, ketatalaksanaan, hubungan masyarakat, dan pemeliharaan dan perawatan barang milik negara serta penyusunan rencana pengadaan, pengangkatan, mutasi, pengembangan, disiplin, dan pemberhentian pegawai di lingkungan Poltesa.

Subbagian Keuangan mempunyai tugas melakukan urusan pembiayaan, penerimaan, penyimpanan, pembayaran, pertanggungjawaban anggaran, pengadaan, pendistribusian, inventarisasi, dan penghapusan barang milik negara, serta akuntansi, dan pelaporan keuangan. 

Jabatan Pelaksana dan Jabatan Fungsional adalah kedudukan yang menunjukkan tugas, tanggung jawab, wewenang dan hak seorang Pegawai dalam suatu satuan organisasi yang dalam pelaksanaan tugasnya didasarkan pada keahlian/dan atau keterampilan tertentu serta bersifat mandiri. Dalam rangka mencapai visi, misi, dan tujuan Poltesa, dibutuhkan adanya Pegawai dengan mutu profesionalisme yang memadai, berdayaguna dan berhasilguna didalam melaksanakan tugas umum pelayanan terhadap seluruh civitas akademika di Lingkungan Politeknik Negeri Sambas.