Home
Berita
Kirim Mahasiswa Praktik Industri di Hotel Berbintang, Poltesa Siapkan SDM Unggul di Bidang Pariwisata dan Perhotelan

Kirim Mahasiswa Praktik Industri di Hotel Berbintang, Poltesa Siapkan SDM Unggul di Bidang Pariwisata dan Perhotelan

Pontianak, 4 Maret 2019
Meningkatnya permintaan tenaga profesional di dunia industri pariwisata dan perhotelan membuat Politeknik Negeri Sambas (Poltesa), sebagai kampus perbatasan semakin berbenah. Untuk menjawab tantangan tersebut Poltesa melalui Program Studi Manajemen  Bisnis Pariwisata (Pengelolaan Usaha Rekreasi) mulai mempersiapkan lulusan produktif yang diharapkan dapat langsung bekerja setelah lulus di industri pariwisata dan perhotelan di Kalimantan Barat, khususnya di Kabupaten Sambas. Hal ini senada dengan yang disampaikan oleh Direktur Poltesa Mahyus, bahwa "sebagai kampus Perbatasan, Poltesa harus mempersiapkan SDM unggul di bidang Pariwisata, Usaha Rekreasi, dan Perhotelan untuk menyambut kedatangan wisatawan ke Sambas.
Lebih lanjut Direktur menyatakan bahwa  "Kabupaten Sambas sangat memerlukan kesiapan SDM di bidang Pariwisata dan Perhotelan, apalagi bila dilihat dari letak geografis  wilayah Sambas yang sangat srategis, kampus Poltesa berbatasan langsung dengan negara Malaysia. Oleh karena itu, lulusan kita nantinya harus mampu memenuhi kebutuhan tenaga kerja yang kompeten di bidang Pariwisata, Usaha Rekreasi, dan Perhotelan", jelasnya.
Sebagai tindaklanjut  dari pernyataan Direktur tadi, Koordinator Program Studi Manajemen Bisnis Pariwisata (Pengelolaan Usaha Rekreasi), Tita Rosalina, mengemukakan bahwa "dalam 2 tahun terakhir (2018 dan 2019) kita sudah mengirim mahasiswa Prodi Manajemen Bisnis Pariwisata untuk melakukan Praktik Industri di berbagai Hotel ternama di Kalimantan Barat, ini merupakan upaya Poltesa untuk menyelaraskan Visi, Misi, Tujuan, dan Sasaran Program Studi serta mempersiapkan SDM yang unggul di bidang Pariwisata dan Perhotelan guna mengantisipasi jika terjadi lonjakan kunjungan wisatawan Kalimantan Barat khususnya ke Sambas yang diakibatkan oleh terbukanya akses dari Malaysia menuju ke Sambas, Kalimantan Barat", ungkapnya.
Tahun 2018-2019 Poltesa mengirim 50 orang mahasiswa Program Studi Manajemen Bisnis Pariwisata untuk melakukan Praktik Industri, kita berharap lulusan pertama nantinya akan mudah mendapatkan pekerjaan sesuai dengan bidangnya. Adapun lokasi penempatan mahasiswa Praktik Industri Perhotelan tersebut adalah sebagai berikut:
1. Hotel Harris Pontianak
2. Hotel Mercure Pontianak
3. Swiss Bell In Singkawang
4. Hotel Grand Mahkota Pontianak
5. Hotel Garuda Pontianak
6. Hotel Kapuas Dharma Pontianak
7. Hotel Kini Pontianak
8. Hotel Neo Pontianak
9. Dangau Resort Pontianak

Dalam rangkaian kegiatan serah terima Mahasiswa Praktik Industri Poltesa di Hotel Kini Pontianak, yaitu pada tanggal 4 Maret 2019, turut hadir Ketua Pengurus Ikatan Dosen Vokasi (IDV) Indonesia untuk wilayah Kalbar yaitu Bapak Teddy Suwardja yang juga merupakan General Manager Hotel Kapuas Dharma Pontianak, Wakil Ketua Kurikulum DIKTI, yaitu Bapak Thomas Bun, SE yang merupakan General Manager Mahkota, Mercure, Garuda, dan Sekretaris Jurusan Akuntansi dan Bisnis, Koordinator Prodi MBP, Pusat Penjamin Mutu, beserta Mahasiswa Prodi Manajemen Bisnis Pariwisata Politeknik Negeri Sambas.  Sebelumnya (03/03/2019) juga dilangsungkan agenda pembahasan kurikulum yang dilakukan oleh Ikatan Dosen Vokasi Kalimantan Barat yang juga melibatkan tim Dosen Prodi MBP Poltesa. Menurut Tita Rosalina, pembahasan kurikulum tersebut dilakukan guna menyelaraskan kurikulum pendidikan  dengan dunia industri, khususnya industri Pariwisata, Usaha Rekreasi, dan Perhotelan. Untuk itu, Politeknik Negeri Sambas melalui Program Studi Manajemen Bisnis Pariwisata (Pengelolaan Usaha Rekreasi) akan selalu mengikuti perkembangan dan tuntutan dunia industri, agar lulusan Poltesa tepat sasaran, berguna dan dapat menjadi harapan bagi kemajuan Kabupaten Sambas kedepan.

TPID Poltesa.,

Tags:

Berita Terkait

Poltesa Gelar FGD: Merangkul Masyarakat Sebagai Calon Tenant Swabina Inkubator Bisnis Inovatif di Bidang Agro Industri"

Poltesa.ac.id-23 April 2019 Politeknik Negeri Sambas (Poltesa) menggelar FGD (Focus Grup Discusion) di Gedung Aula Direktorat Lantai 2 Poltesa ..

Pengumuman Hasil Seleksi PMDK-PN Tahun Akademik 2019/2020

Berdasarkan Keputusan Direktur Politeknik Negeri Sambas No. 523/KM/2019 tentang Penetapan Hasil Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru jalur Penelusuran ..

Pengumuman Hasil Seleksi PMDK-PN Tahun Akademik 2019/2020

Berdasarkan Keputusan Direktur Politeknik Negeri Sambas No. 523/KM/2019 tentang Penetapan Hasil Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru jalur Penelusuran ..

Kampung Quran 2019

Assalamualaikum warohmatullah wabarokatuh InsyaAllah, dalam rangka menyambut dan memeriahkan Bulan Suci Ramadhan 1440 H akan segera hadir kegiatan ..

POLTESA GELAR FGD PENGGALIAN POTENSI DESA UNTUK STRATEGI PEMANTAPAN KEARIFAN LOKAL KABUPATEN SAMBAS

Poltesa.ac.id - Politeknik Negeri Sambas (Poltesa) gelar Focus Group Discussion (FGD) dengan tema "Penggalian Potensi Desa untuk Strategi ..