Home
Berita
Poltesa Gelar FGD: Merangkul Masyarakat Sebagai Calon Tenant Swabina Inkubator Bisnis Inovatif di Bidang Agro Industri"

Poltesa Gelar FGD: Merangkul Masyarakat Sebagai Calon Tenant Swabina Inkubator Bisnis Inovatif di Bidang Agro Industri"

Poltesa.ac.id-23 April 2019

Politeknik Negeri Sambas (Poltesa) menggelar FGD (Focus Grup Discusion) di Gedung Aula Direktorat Lantai 2 Poltesa dengan tema "Menuju Inbis Swabina Tech's Menjadi Inkubator Bisnis Inovatif Bidang Agro Industri Berskala Nasional Tahun 2025", Selasa (23/04/2019). Kegiatan ini menghadirkan Pembicara dari Kementrian Perekonomian RI, Bapak Dr. Totok Hari Wibowo, dan dari Universitas Padjajaran Bandung, Bapak Dr. Lukito Hasta Pratopo, serta dari Kawasan Sains dan Teknologi Kemenristekdikti Bapak Tekad Iman Sumarisman, SP.,M.Si.

Direktur Poltesa dalam hal ini diwakili oleh Wakil Direktur IV Bidang Kerjasama Erik Darmansyah, mengatakan bahwa FGD ini merupakan agenda penting bagi Poltesa, karena melihat begitu besarnya potensi yang dimiliki oleh Kabupaten Sambas. Menurutnya, "potensi Sambas yang berupa produk-produk tradisional ini dapat dikembangkan menjadi produk tradisional dengan skala nasional bahkan internasional", ujarnya

Lebih lanjut Erik Darmansyah mengemukakan bahwa, saat ini produk Agro Industri yang ada di Kabupaten Sambas belum di kemas secara maksimal dan belum terlalu disentuh dengan teknologi, dengan diadakannya FGD ini ia berharap agar para calon Tenant (peserta inkubator bisnis inovatif bidang agro industri Poltesa) mendapat ilmu dan pencerahan tentang bagaimana mengemas sebuah produk menjadi spesial sehingga mudah untuk di pasarkan. Erik menyatakan bahwa, "selama ini produk luar yang masuk ke Sambas, dengan FGD ini kita akan kembangkan produk Sambas dan kita pasarkan produk tersebut ke luar", ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Inkubator Bisnis Inovatif Bidang Agro Industri Poltesa, Hidayat Asta mengemukakan bahwa FGD ini merupakan langkah awal untuk mengembangkan produk-produk tradisional yang dikelola oleh masyarakat Kabupaten Sambas, agar menjadi lebih menarik dan bernilai jual tinggi. Hidayat Asta menyatakan "Poltesa siap untuk melakukan pembinaan kepada masyarakat Kabupaten Sambas yang tergabung sebagai calon Tenant Swabina Poltesa", ungkapnya.

Pembinaan yang dilakukan Poltesa meliputi berbagai kegiatan bagi para calon Tenant, mulai dari pelatihan manajemen bisnis sampai pada pelatihan teknis pengelolaan dan pengembangan usaha lokal masyarakat. Hidayat Asta juga mengatakan bahwa saat ini sudah berjalan beberapa usaha lokal masyarakat yang akan kita rangkul sebagai calon Tenant Swabina Inkubator Bisnis Bidang Agro Industri Poltesa, adapun beberapa usaha lokal masyarakat tersebut adalah:
1. Pengusaha Tanaman Pangan : Padi - Quaker Made Sambas Gandum - Bolu Rofiqo
2. Pengusaha Tanaman Holtikultura : Buah Naga - Dr. Cantea
3. Pengusaha Tanaman Tahunan : Kopi - Sempadian Premium Coffe
4. Pengusaha Tanaman Industri : Gaharu - Oudh West Borneo
5. Pengusaha Perternakan : Madu Trigona - Madu 3
6. Pengusaha Perikanan : Abon - Bu Tita dan Bandeng Presto - Bandeng Muare
7. Pengusaha Bengkel TTG : Sarana Teknik, dan Suhendra Team
8. Pengusaha Industri Kreatif : Tenun Songket Sambas
9. Pengusaha IT : Start Up Tekno Aplikasi Android

Selain kehadiran para calon Tenant dan para dosen di lingkungan Poltesa, FGD ini juga dihadiri oleh beberapa undangan yang berasal dari Dinas terkait di Kabupaten Sambas, diantaranya Kamar Dagang dan Industri Daerah Kab. Sambas, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kab. Sambas, Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi Kab. Sambas, Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat Desa Kab.Sambas, HIPMI Sambas, Rumah Kreatif BRI, dan ABDSI Sambas.

Hidayat Asta mengatakan bahwa kegiatan FGD ini terlaksana atas kerjasama Politeknik Negeri Sambas dan Kemenristekdikti. Untuk itu, "kami berharap dengan terlaksananya FGD ini, Poltesa sebagai Perguruan Tinggi di Kab. Sambas dapat menjadi mitra bagi siapa saja, baik Pemerintah Daerah Kab. Sambas, maupun masyarakat Sambas pada umumnya, sehingga keberadaan Poltesa ini dapat memberi manfaat yang sebesar-besarnya bagi kesejahteraan masyarakat Kabupaten Sambas", tutupnya.
-----------------------------
Disampaikan oleh Penyusun Informasi dan Publikasi Poltesa

Tags:

Berita Terkait

Poltesa Gelar Workshop Perubahan Organisasi Dan Tata Kerja Tahun 2019

Poltesa.ac.id -  Politeknik Negeri Sambas (Poltesa) menggelar Workshop Perubahan Organisasi Dan Tata Kerja (Otaker) Poltesa Tahun 2019 di Aula ..

Pengumuman Kelulusan UMPN Mandiri Politeknik Negeri Sambas Tahun Akademik 2019/2020

Berdasarkan keputusan Direktur Politeknik Negeri Sambas No. 739/KM/2019 Tentang Penetapan Hasil Seleksi UMPN Nasional Politeknik Negeri Sambas Tahun ..

Peduli Kawasan Perbatasan: Poltesa Gelar Seminar Nasional Bertajuk "Strategi Nasional Percepatan Pembangunan Daerah Kabupaten Sambas"

Poltesa.ac.id -  Politeknik Negeri Sambas (Poltesa) menggelar Seminar Nasional Tentang Strategi Nasional Percepatan Pembangunan Daerah Kabupaten ..

Lomba Masak Antar Civitas Meriahkan Diesnatalis ke-11 Poltesa

Poltesa.ac.id -  Dalam rangka memeriahkan Diesnatalis ke-11,  Politeknik Negeri Sambas (Poltesa) menggelar Lomba Masak Antar civitas ..

Poltesa Datangkan Tim Asesor BAN-PT Untuk Proses Akreditasi Prodi Akuntansi Keuangan Perusahaan

Poltesa.ac.id - Dalam rangka meningkatkan kualitas mutu pendidikan di Politeknik Negeri Sambas (Poltesa), Poltesa mengundang Tim Asesor dari Badan ..