Home
Berita
"Direktur Melantik Kepengurusan Organisasi Keluarga Besar Mahasiswa Poltesa Periode 2019/2020"

"Direktur Melantik Kepengurusan Organisasi Keluarga Besar Mahasiswa Poltesa Periode 2019/2020"

Poltesa.ac.id - Politeknik Negeri Sambas (Poltesa) menggelar acara Pelantikan Kepengurusan Organisasi Keluarga Besar Mahasiswa (KBM) Poltesa periode 2019-2020 dengan tema "Mewujudkan Organisasi Mahasiswa Yang Partisipatif, Inovatif, Adaptif, dan Kontributif Terhadap Kemajuan Pembangunan di Wilayah Perbatasan Republik Indonesia". Kegiatan ini berlangsung di Gedung Asrama Haji Kabupaten Sambas pada Rabu, (02/05 2019). Pelantikan ini dihadiri oleh Direktur Poltesa, Wakil Direktur, besert perwakilan Dosen dan seluruh pengurus organisasi kemahasiswaan Poltesa. Selain itu, juga hadir para undangan dari perwakilan SKPD, TNI, Polri, KPPN, dan Tokoh Masyarakat.

Acara pelantikan dibuka dengan pembacaan Ayat Suci Alquran oleh mahasiswa Poltesa. Dan dilanjutkan dengan laporan Penanggung Jawab kegiatan, Yuliansyah yang juga merupakan Wakil Direktur III bidang Kemahasiswaan Poltesa. Beliau menegaskan bahwa terdapat 5 program utama yang akan dijalankan bidang Kemahasiswaan pada tahun ini;

1. Penalaran dan Kreatifitas; mahasiswa harus didorong untuk menyusun Proposal Karya Ilmiah seperti program kreativitas mahasiswa 5 bidang yang menjadi unggulan Belmawa. Ini konsennya Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ). Dosen-dosen di Jurusan diharapkan mampu membimbing mahasiswa untuk membuat proposal yang berkaitan dengan penalaran ilmiah;
2. Program pengembangan dan Penyaluran Minat, Bakat dan Kegemaran mahasiswa; program ini bertujuan untuk memfasilitasi dan mendorong mahasiswa yang berprestasi dibidang olahraga, maupun seni untuk dapat berprestasi dikancah nasional;
3. Peningkatan kesejahteraan mahasiswa; Untuk meningkatkan kesejahteraan mahasiswa, Poltesa melalui pihak terkait telah mempersiapkan program beasiswa dan program wirausaha untuk mahasiswa;
4. Peningkatan Kapasitas kelembagaan mahasiswa; Adalah bentuk legitimasi ormawa Poltesa, setiap ormawa Poltesa memiliki tugas dan fungsi masing-masing, hal ini dilakukan agar tidak terjadi tumpang-tindih kepentingan dilapangan nanti;
5. Penguatan Eksternal Kampus; Dengan terbitnya Permenristekdikti Nomor 55 Tahun 2018 tentang Pembinaan Ideologi Bangsa dalam Kegiatan Kahasiswaan di Perguruan Tinggi. Poltesa berkomitmen untuk membuka diri pada organisasi eksternal yang ingin melakukan pengembangan dan pembinaan kader, selama organisasi dan fahamnya membawa kebaikan bagi kampus Poltesa dan tidak bertentangan dengan Pancasila dan agama.

Lebih lanjut Yuliansyah menyatakan bahwa prestasi mahasiswa menjadi prioritas bidang kemahasiswaan, karena prestasi mahasiswa ini akan berdampak pada lembaga secara langsung. "Kita akan terus tingkatkan kreatifitas mahasiswa, karena prestasi mahasiswa merupakan kontribusi utk meningkatkan kredibilitas lembaga", ungkapnya.

Acara berikutnya adalah pelantikan seluruh pengurus Ormawa Poltesa. Mulai dari Presiden terpilih Oggy Akmadani dan Wakil Presiden Baharuddin beserta pengurus 16 Ormawa Poltesa dilantik secara resmi oleh Direktur dengan mengucapkkan ikrar yang dipimpin oleh Direktur dan di ikuti oleh seluruh pengurus Ormawa Poltesa. Anggota Ormawa yang dilantik sebanyak 250 orang mahasiswa.

Setelah dilantik, Presiden Mahasiswa Oggy Akmadani menyampaikan orasi dihadapan Direktur, dan seluruh tamu undangan. Dalam orasinya, Oggy mengajak seluruh elemen pengurus Ormawa Poltesa periode 2019-2020 untuk saling bahu membahu membangun dan membesarkan nama KBM Poltesa melalui kegiatan-kegiatan positif dengan ukiran prestasi. Selain itu, ia juga mengajak mahasiswa untuk selalu dapat merespon permasalahan-permasalahan sosial yang ada di masyarakat, seperti terbukanya jalur jalan Sambas-Aruk Malaysia yang semakin mudah untuk di akses. "Kita sebagai mahasiswa Poltesa harus dapat meningkatkan prestasi dan kegiatan-kegiatan positif yang dapat membawa nama baik lembaga Poltesa. Selain itu, kita juga harus merespon permasalahan sosial dimasyarakat, seperti persoalan akses perbatasan yang saat ini sangat mudah diakses, apakah jalur ini menguntungkan kita, atau malah sebaliknya, inilah yang sebenarnya menjadi tugas mahasiswa, yaitu mengawal kebijakan-kebijakan agar berpihak pada kesejahteraan rakyat", tandasnya.
 
Dalam kesempatan yang sama, Direktur Poltesa, Mahyus menyatakan bahwa "sebutan Presiden, Wakil Presiden dan Menteri-Menteri dalan kepengurusan Ormawa adalah hal yang biasa, karena mahasiswa juga dianggap turut berpartisipasi untuk menjaga dan membangun negeri ini, apapun yang dilakukan mahasiswa dalam konteks hal yang positif adalah bentuk partisipasi, maka secara akademis harus bisa di pertanggungjawabkan", ungkapnya.

Lebih lanjut Direktur menyatakan bahwa mahasiswa Poltesa memiliki kebebasan untuk berekspresi dan melakukan eksplorasi terhadap sumber daya alam yang ada. Segala fasilitasnya telah kami sediakan di kampus Poltesa. "Kalian punya semua, Lab, Perpustakaan, Bengkel, dan Ruangan, manfaatkan itu untuk melakukan penelitian, manfaatkan fasilitas Poltesa untuk membangun Sambas, kami sebagai manajemen mendukung penuh kreatifitas mahasiswa, pergunakan semua yang ada di kampus Poltesa untuk meraih prestasi", tegasnya.

Menanggapi tema pelantikan kali ini, Direktur merasa yakin bahwa apabila kepengurusan Ormawa ini dijalankan dengan baik dan serius, maka akan memberikan dampak yang signifikan bagi perkembangan Sambas. Bahkan beliau berharap kepada mahasiswa agar dapat menjadi benteng pembasmi masuknya narkoba dari perbatasan ke Indonesia. "Saya senang dengan semangat mahasiswa yang membara, seperti semangat orasi Presiden Mahasiswa tadi, namun akan lebih baik lagi apabila semangat tersebut kalian gunakan secara maksimal untuk memperbaiki keadaan sosial yang sekarang sangat rentan terhadap pengaruh narkoba, apalagi baru-baru ini diketahui bahwa peredaran narkoba Kalimantan Barat itu masuknya dari wilayah perbatasan Sambas, maka kami sangat berharap kepada seluruh mahasiswa Poltesa khususnya agar dapat menjadi penangkal masuk dan berkembangnya narkoba di Sambas ini, jangan sampai ada mahasiswa Poltesa yang terpengaruh narkoba", harapnya.

Direktur berpesan kepada seluruh pengurus Ormawa Poltesa agar dalam kepengurusan Organisasi nanti, mulailah dengan komunikasi yang baik terhadap semua pihak, tunjukkan sikap yang baik dan elegan sesuai dengan karakter orang-orang yang terdidik. Dalam kesempatan ini, beliau juga mengucapkan selamat kepada seluruh pengurus Ormawa yang dilantik, semoga kedepan dapat bekerjasama dalam menjalankan fungsi organisasi kemahasiswaan dengan baik, sehingga dapat mengharumkan nama Poltesa dengan beragam prestasi", tutupnya.
----------------------------------------
Disampaikan oleh Tim Penyusun Informasi, Dokumentasi, dan Publikasi Poltesa

Tags:

Berita Terkait

"1000 Lebih Mahasiswa Ikuti Pengarahan Direktur Poltesa Terkait Pelaksanaan Pesantren Kilat Ramadhan 1440 H/2019"

Poltesa.ac.id - Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan, Politeknik Negeri Sambas (Poltesa) akan menggelar berbagai event untuk menyemarakkan ..

"Pemain dan Seluruh Official Tim Poltesa Fc Serahkan Piala Juara Liga Antar Mahasiswa U21 ke Direktur Poltesa"

Poltesa.ac.id - 30 April 2019 Direktur Politeknik Negeri Sambas (Poltesa) menerima seluruh official tim Poltesa Fc di Aula Direktorat Lantai 2 ..

"Poltesa Fc Juara Liga Antar Mahasiswa U 21 se-Kalimantan Barat: Road To Piala Menpora 2019"

Poltesa.ac.id - 29 April 2019 Politeknik Negeri Sambas Footbal Club (Poltesa Fc), berhasil mengukir prestasi di kancah sepak bola tingkat ..

KPURM POLTESA Adakan Sosialisasi PEMIRAMA (Pemilihan Raya Mahasiswa)

Poltesa, 7 Maret 2019 Dalam rangka mempersiapkan  PEMIRAMA (Pemilihan Raya Mahasiswa) KPURM ( Komisi Pemilihan Umum Raya Mahasiswa) adakan ..

Mahasiswa Poltesa Audiensi Bersama Direktur dan Wakil Direktur

Transparansi Pengelolaan Kampus sangat disorot oleh berbagai pihak, salah satunya mahasiswa. Organisasi Mahasiswa Politeknik Negeri Sambas (Ormawa ..