Home
Berita
Mahasiswa Poltesa Lolos Seleksi POMNAS 2019 di Pontianak

Mahasiswa Poltesa Lolos Seleksi POMNAS 2019 di Pontianak

Poltesa.ac.id - Mahasiswa Politeknik Negeri Sambas (Poltesa) mengikuti event Pekan Olahraga Mahasiswa Daerah yang dilaksanakan diPontianak mulai 17-23 Juni 2019, kegiatan ini diikuti oleh seluruh Perguruan Tinggi di Kalimantan Barat (Kalbar). Poltesa ikut berpartisipasi dengan mengirim beberapa utusan atlit dari mahasiswa Poltesa. Wakil Direktur III bidang Kemahasiswaan Poltesa, Yuliansyah menyatakan bahwa "Kampus Poltesa mendukung penuh kreatifitas mahasiswa, kita memang sudah mempersiapkan beberapa atlit yang akan kita kirim ke event-event lomba baik ditingkat daerah maupun ditingkat nasional", ujarnya.

POMDA merupakan rangkaian dari program Pemerintah Pusat, yaitu Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (DitjenBelmawa) Kemenristekdikti yang kemudian dalam pelaksanaan tugasnya adalah organisasi Badan Pembina Olahraga Mahasiswa Indonesia (BAPOMI). DitjenBelmawa adalah suatu bidang khusus dari Kementerian Ristekdikti yang konsen pada peningkatan kualitas mahasiswa dalam berkreatifitas dibidang akademik maupun non-akademik. POMDA ini adalah model seleksi atau penjaringan minat dan bakat mahasiswa ditingkat daerah, setelah melakukan seleksi tingkat daerah maka para peserta yang lolos seleksi akan kembali ditandingkan ditingkat nasional, yaitu Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) yang akan diselenggarakan di Jakarta pada Tanggal 19 - 26 September 2019.

Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) di selenggarakan dengan tujuan sebagai berikut:

1. Memupuk dan meningkatkan persatuan, kebersamaan, persahabatan antar-mahasiswa se Indonesia.
2. Memupuk dan meningkatkan kesadaran Berbangsa dan Bernegara berlandaskan Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika.
3. Meningkatkan dan mengembangkan minat dan bakat olahraga mahasiswa.
4. Meningkatkan kebugaran jasmani, disiplin, dan sportivitas mahasiswa.
5. Meningkatkan dan mengembangkan prestasi olahraga mahasiswa.
6. Membantu pemerintah dalam peningkatan dan pengembangan prestasi olahraga nasional dan Internasional.
7. Menanamkan pendidikan karakter pada mahasiswa melalui olahraga.

Para peserta dalam kompetisi ini merupakan mahasiswa aktif di seluruh Perguruan Tinggi yang ada di Indonesia, nantinya para mahasiswa dapat mewakilkan masing-masing Perguruan Tinggi dan berpartisipasi sebagai atelit di setiap cabang olahraga yang di lombakan. Adapun persyaratan bagi para mahasiswa yang berpartisipasi menjadi atlet dalam Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) adalah sebagai berikut:

1. Atlet peserta adalah warga negara Indonesia dan harus berstatus mahasiswa aktif (Program Diploma dan Sarjana) pada perguruan tinggi yang dibina oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (termasuk Kementerian Agama dan Kementerian Kesehatan).
2. Atlet peserta harus didaftarkan dan tergabung dalam satu kontingen Provinsi.
3. Atlet harus mengisi data pribadi, asal perguruan tinggi, dan prestasi terbaik yang pernah diraihnya.
4. Atlet peserta harus memenuhi syarat sebagai mahasiswa yang dibuktikan dengan Kartu Tanda Mahasiswa serta surat rekomendasi yang dikeluarkan oleh Pimpinan Perguruan Tinggi Bidang Kemahasiswaan yang bersangkutan.
5. Pimpinan Kontingen harus mengisi dan menyerahkan formulir yang berisi jumlah atlet pada setiap cabang olahraga yang diikuti.
6. Seorang atlet hanya dapat mengikuti salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan/diperlombakan.
7. Pimpinan Kontingen harus menyampaikan daftar nama dan pas foto setiap atlet peserta.
8. Atlet peserta wajib saling menghormati, bertanding secara jujur, tidak melakukan tindak kekerasan dan tunduk pada peraturan pertandingan sesuai cabang olahraga yang diikutinya

Pada kesempatan seleksi POMNAS 2019 ini Poltesa mengikutkan 4 Cabang Olahraga (Cabor), yaitu Gulat, Futsal, Silat,  Panjat Tebing. Adapun mahasiswa yang lolos seleksi ke POMNAS adalah:

1. Iqbal, Cabor Gulat
2. Deden Kurniawan, Cabor Futsal
3. Enggi Fatwa, Cabor Panjat Tebing 
4. Rusmita, Cabor Panjat Tebing 

Yuliansyah berharap bahwa setiap tahun mahasiswa Poltesa dapat terus meningkatkan prestasi, capaian prestasi ini merupakan kebanggaan bagi kampus. "Poltesa sangat mengapresiasi prestasi yang ditunjukkan oleh para mahasiswa, kampus juga telah berupaya untuk memberikan dukungan baik itu sarana prasarana latihan maupun dukungan moril kepada para atlit Poltesa, prestasi yang diraih oleh mahasiswa merupakan suatu kebanggaan yang luar biasa bagi kampus Poltesa", tutupnya.
----------------------------------------
Disampaikan oleh Tim Penyusun Informasi, Dokumentasi, dan Publikasi Poltesa

Tags:

Berita Terkait

Poltesa Gelar Workshop Perubahan Organisasi Dan Tata Kerja Tahun 2019

Poltesa.ac.id -  Politeknik Negeri Sambas (Poltesa) menggelar Workshop Perubahan Organisasi Dan Tata Kerja (Otaker) Poltesa Tahun 2019 di Aula ..

Pengumuman Kelulusan UMPN Mandiri Politeknik Negeri Sambas Tahun Akademik 2019/2020

Berdasarkan keputusan Direktur Politeknik Negeri Sambas No. 739/KM/2019 Tentang Penetapan Hasil Seleksi UMPN Nasional Politeknik Negeri Sambas Tahun ..

Peduli Kawasan Perbatasan: Poltesa Gelar Seminar Nasional Bertajuk "Strategi Nasional Percepatan Pembangunan Daerah Kabupaten Sambas"

Poltesa.ac.id -  Politeknik Negeri Sambas (Poltesa) menggelar Seminar Nasional Tentang Strategi Nasional Percepatan Pembangunan Daerah Kabupaten ..

Lomba Masak Antar Civitas Meriahkan Diesnatalis ke-11 Poltesa

Poltesa.ac.id -  Dalam rangka memeriahkan Diesnatalis ke-11,  Politeknik Negeri Sambas (Poltesa) menggelar Lomba Masak Antar civitas ..

Poltesa Datangkan Tim Asesor BAN-PT Untuk Proses Akreditasi Prodi Akuntansi Keuangan Perusahaan

Poltesa.ac.id - Dalam rangka meningkatkan kualitas mutu pendidikan di Politeknik Negeri Sambas (Poltesa), Poltesa mengundang Tim Asesor dari Badan ..