Home
Berita
Peduli Kawasan Perbatasan: Poltesa Gelar Seminar Nasional Bertajuk "Strategi Nasional Percepatan Pembangunan Daerah Kabupaten Sambas"

Peduli Kawasan Perbatasan: Poltesa Gelar Seminar Nasional Bertajuk "Strategi Nasional Percepatan Pembangunan Daerah Kabupaten Sambas"

Poltesa.ac.id -  Politeknik Negeri Sambas (Poltesa) menggelar Seminar Nasional Tentang Strategi Nasional Percepatan Pembangunan Daerah Kabupaten Sambas di Aula Kantor DPRD Sambas pada Selasa, (31/072019). Kegiatan ini merupakan wujud kepedulian Poltesa dalam perkembangan Kabupaten Sambas, yang secara teritorial merupakan wilayah perbatasan antar negara. Wilayah perbatasan Kalimantan Barat (Kalbar) sangat perlu perhatian khusus dan ekstra kerja keras untuk pembangunan serta pengembangan  dalam berbagai aspek,  salah satunya ialah pendidikan dan teknologi. Untuk itu,  Poltesa menggelar Seminar Nasional ini agar dapat mendengar masukan-masukan dari narasumber dan audien tentang bagaimana memajukan kawasan perbatasan Sambas.

Dalam sambutannya Direktur Poltesa,  Mahyus menegaskan bahwa "Kepedulian Poltesa terhadap Kabupaten Sambas adalah suatu bentuk pengabdian Poltesa untuk masyarakat Sambas. Poltesa hadir untuk memberikan yang terbaik untuk masyarakat,  karena Poltesa lahir atas dorongan masyarakat,  Poltesa dapat berdiri karena keinginan masyarakat Sambas.  Untuk itu Poltesa akan selalu berada ditengah-tengah masyarakat dan menjadi sebuah lembaga yang berdiri untuk sebesar-besarnya kepentingan masyarakat", tegasnya.

Mahyus juga menjelaskan bahwa "keberadaan  Poltesa di Sambas adalah untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di Kabupaten Sambas agar dapat memanfaatkan sebesar-besarnya kekayaan Sumber Daya Alam (SDA) untuk kesejahteraan masyarakat Kabupaten Sambas. Beliau menganalogikan kalau seandainya disuruh memilih, antara SDM cerdas dan SDA/Lahan yang subur,  maka ia akan  lebih memilih Lahan yang Gersang asalkan SDM-nya cerdas,  daripada lahan yang subur tetapi masyarakatnya tertinggal dalam pendidikan", ungkapnya.

Tantangan sebenarnya adalah bagaimana daerah Perbatasan seperti Kabupaten Sambas ini mendapatkan prioritas pembangunan sarana prasarana untuk mendukung akses kehidupan masyarakat perbatasan. Untuk itu,  Poltesa mengundang Narasumber yang berkompeten pada Seminar Nasional ini,  seperti Dra. Endang Supriani., MM selaku Direktur Pengembangan Daerah Perbatasan Dirjen PDtu Kementerian PDTT,  dan Dr. Velix Vernando Wanggai, S. IP., MPA selaku Direktur Daerah Tertinggal,  Transmigrasi,  dan Pedesaan BAPPENAS. Namun karena ada sesuatu dan lain hal,  Dr. Velix tidak bisa hadir pada acara Seminar Nasional ini.

Mahyus menekankan bahwa pentingnya Seminar ini dilakukan  demi mendorong Pemerintah untuk melakukan  Percepatan  Pembangunan  agar daerah Perbatasan Kabupaten Sambas dapat lebih maju untuk memenuhi kebutuhan  masyarakat. Lebih lanjut ia berharap akan muncul ide dan gagasan-gagasan baru yang nantinya akan menjadi hasil dari Seminar Nasional ini yang kemudian akan kita rekomendasikan kepada Pemerintah Pusat sebagai bahan pertimbangan. Kawasan Perbatasan Kabupaten Sambas harus mendapat kemudahan dalam akses kehidupan,  karena mereka juga bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia.  Kita tidak bisa berdiam diri,  daerah lain sudah sangat maju namun kita masih tertinggal. Untuk itu,  Poltesa mengajak semua pihak agar dapat Bersama-sama memikirkan dengan serius bagaimana cara paling ampuh untuk akselerasi kemajuan di kawasan Perbatasan Sambas ini, agar rasa keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia benar-benar terwujud", harapnya.
----------------------------------------
Disampaikan oleh Tim Penyusun  Informasi,  Dokumentasi, dan Publikasi Poltesa

Tags:

Berita Terkait

Poltesa Gelar Workshop Perubahan Organisasi Dan Tata Kerja Tahun 2019

Poltesa.ac.id -  Politeknik Negeri Sambas (Poltesa) menggelar Workshop Perubahan Organisasi Dan Tata Kerja (Otaker) Poltesa Tahun 2019 di Aula ..

Pengumuman Kelulusan UMPN Mandiri Politeknik Negeri Sambas Tahun Akademik 2019/2020

Berdasarkan keputusan Direktur Politeknik Negeri Sambas No. 739/KM/2019 Tentang Penetapan Hasil Seleksi UMPN Nasional Politeknik Negeri Sambas Tahun ..

Lomba Masak Antar Civitas Meriahkan Diesnatalis ke-11 Poltesa

Poltesa.ac.id -  Dalam rangka memeriahkan Diesnatalis ke-11,  Politeknik Negeri Sambas (Poltesa) menggelar Lomba Masak Antar civitas ..

Poltesa Datangkan Tim Asesor BAN-PT Untuk Proses Akreditasi Prodi Akuntansi Keuangan Perusahaan

Poltesa.ac.id - Dalam rangka meningkatkan kualitas mutu pendidikan di Politeknik Negeri Sambas (Poltesa), Poltesa mengundang Tim Asesor dari Badan ..

Partisipasi Poltesa dalam Membangun Desa Melalui Pelatihan Pengolahan Sampah Organik Pada Masyarakat Selakau Kabupaten Sambas

Poltesa.ac.id - Politeknik Negeri Sambas (Poltesa) berpartisipasi dalam Membangun Desa Melalui Pelatihan Pengolahan Sampah Organik Pada Masyarakat ..