Home
Berita
Tim BAN-PT Lakukan Asesmen Lapangan Untuk Akreditasi Program Studi Agrobisnis Perikanan dan Kelautan Poltesa

Tim BAN-PT Lakukan Asesmen Lapangan Untuk Akreditasi Program Studi Agrobisnis Perikanan dan Kelautan Poltesa

Poltesa.ac.id - Politeknik Negeri Sambas (Poltesa) merupakan salah satu Perguruan Tinggi Negeri Baru (PTNB) yang ada di Indonesia. Saat di-Negerikan pada Tahun 2013 silam, Poltesa menunjukkan kemajuan yang pesat dan signifikan. Dari tahun ke tahun, animo masyarakat semakin tinggi untuk melanjutkan pendidikan di Poltesa, hal ini dapat dilihat dari meningkatnya jumlah pendaftar yang masuk dalam proses Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Tahun Akademik 2019/2020, tahun ini Poltesa menerima 535 Mahasiswa Baru.

Melihat besarnya keinginan masyarakat untuk kuliah di Poltesa, maka Poltesa berusaha untuk mengakomodir harapan masyarakat tersebut. Poltesa berusaha untuk melihat segala potensi yang ada di Kabupaten Sambas, kemudian Poltesa melakukan pengembangan Program Studi (Prodi) untuk memenuhi kebutuhan pendidikan, khususnya pendidikan di Perguruan Tinggi bagi masyarakat Sambas.
 
Poltesa mengembangkan Prodi di Jurusan Agribisnis, yang awalnya Jurusan Agribisnis hanya terdapat 1 Prodi, yaitu Prodi Agrobisnis. Maka sejak Tahun Akademik 2015 - 2016 Jurusan Agribisnis berkembang dengan 3 Prodi, yaitu Prodi Agrobisnis (D-III), Prodi Agroindustri Pangan (D-IV), dan Prodi Agobisnis Perikanan dan Kelautan (D-IV).

Dalam rangka meningkatkan kualitas mutu pendidikan di setiap Prodi, maka pada Tahun 2019 ini Poltesa gencar mengundang Tim Asesor dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT)  untuk melakukan Asesmen Lapangan. Salah satunya yaitu, Asessmen Lapangan Program Studi D-IV Agrobisnis Perikanan dan Kelautan yang dilaksanakan di Aula Direktorat Poltesa pada  26 s/d 28 Agustus 2019 . 

Prodi Agrobisnis Perikanan dan Kelautan merupakan salah satu Prodi dari Jurusan Agribisnis yang memiliki Visi "Menjadi Program Studi Unggulan Di Bidang Agrobisnis Perikanan Pada Tahun 2034". Menurut Koordinator Prodi Agrobisnis Perikanan dan Kelautan, Saifullah "Visi ini dilandasi oleh kompetensi utama Prodi yaitu Mempersiapkan Sarjana Terapan yang Memiliki Ilmu Pengetahuan dan Teknologi di Bidang Perikanan, memiliki Keahlian pada Budidaya Perikanan, Peangkapan dan Pengolahan Hasil Perikanan Serta Mampu Mengembangkan Produk Perikanan", ungkapnya.

Agrobisnis Perikanan dan Kelautan dapat menjadi modal bagi perkembangan dan pertumbuhan ekonomi masyarakat di Kabupaten Sambas, untuk itu Poltesa berusaha sekuat tenaga untuk menjaga mutu pada setiap Program Studi, salah satunya ialah dengan melakukan Akreditasi Program Studi. Dalam kesempatan ini, Poltesa mengundang Tim Asesor dari Badan Akreditasi Nasional - Perguruan Tinggi (BAN - PT), yaitu;

 1. Prof. Dr. Ir Muhammad Zairin Junior M.Sc - Institut Pertanian Bogor

2. Dr. Ir Daduk Setyohadi M.P. - Universitas Brawijaya

Dalam Sambutannya, Direktur Poltesa, Mahyus mengatakan bahwa proses Asesmen Lapangan Prodi Agrobisnis Perikanan dan Kelautan ini merupakan salah satu upaya Poltesa untuk menjaga kepercayaan publik dan memperbaiki kualitas pendidikan di Poltesa. "Kami akan terus memberikan pelayanan pendidikan terbaik bagi masyarakat, untuk itu kami berusaha untuk menjaga kualitas Prodi-Prodi yang ada. Asesmen Lapangan ini merupakan langkah kami untuk menjaga kepercayaan publik terhadap lembaga Perguruan Tinggi, karena Akreditasi merupakan hal penting yang harus dimiliki oleh setiap Prodi untuk menjamin kualitas Pengajar, Sarana-Prasarana, dan lulusan dari Prodi tersebut, sehingga mutu lembaga yang membidangi pendidikan ini terjaga dan terjamin kualitasnya", tegasnya.

Lebih lanjut, Direktur menegaskan bahwa Poltesa akan terus melakukan perbaikan mutu dan kualitas pendidikan, mulai dari kualitas Sarana-Prasarana, Pengajar maupun Tenaga Kependidikan (Tendik) yang ada di Poltesa. Melalui momen ini, Direktur juga meminta kerjasama dari seluruh elemen Poltesa agar kedepan Prodi-Prodi Poltesa dapat meraih Akreditasi dengan peringkat yang terbaik. "Kami sedang gencar melakukan akselerasi peningkatan mutu tenaga pengajar dan Tendik, selain itu kami juga sedang mempersiapkan dokumen-dokumen pendukung untuk Akreditasi Prodi-Prodi lain, kami mohon kerjasama semua pihak, agar Akreditasi Prodi yang ada di Poltesa dapat berjalan dengan baik dan mendapat hasil yang memuaskan", harapnya.
-------------------------------------------
Disampaikan oleh Tim Penyusun Informasi, Dokumentasi, dan Publikasi Poltesa

Tags:

Berita Terkait

Poltesa, Sukses Gelar 5th Technology and Innovation International Conference, TECHON 2019 di Bintulu Malaysia

Poltesa.ac.id – Politeknik Negeri Sambas (Poltesa) mendapat kepercayaan sebagai pelaksana dalam penyelenggaraan Technology and Innovation ..

Poltesa Gelar Sidang Terbuka Senat dalam Rangka Wisuda Program Sarjana Terapan Angkatan Ke-II dan Program Diploma III Angkatan ke-IX Tahun 2019

Poltesa.ac.id – Politeknik Negeri Sambas (Poltesa) menggelar Sidang Senat Terbuka Senat dalam Rangka Wisuda Program Sarjana Terapan Angkatan Ke-II ..

Poltesa Kirim 7 Mahasiswa Program Magang Bersertifikat

Poltesa.ac.id - Dalam rangka meningkatkan kualitas lulusan, Politeknik Negeri Sambas menjalin kerjasama dengan beberapa BUMN yang di fasilitasi oleh ..

Alur Proses Pembayaran SPP Mahasiswa Poltesa Menggunakan Virtual Account BNI

  ALUR PEMBAYARAN SPP MAHASISWA POLTESA MELALUI VIRTUAL ACCOUNT BNI A. Chanel Pembayaran SPP Mahasiswa Poltesa Melalui Virtual Account ..

Dosen Teknik Mesin Poltesa Juarai KKIN Regional Banten Tahun 2019

Poltesa.ac.id - Politeknik Negeri Sambas  (Poltesa) mendapat kabar baik setelah Suhendra yang merupakan salah satu Dosen Jurusan Teknik Mesin ..