Home
Berita
"Poltesa Gelar Review Kurikulum Prodi Manajemen Bisnis Pariwisata"

"Poltesa Gelar Review Kurikulum Prodi Manajemen Bisnis Pariwisata"

Poltesa.ac.id - Politeknik Negeri Sambas (Poltesa) menggelar Review Kurikulum Program Studi (Prodi) Manajemen Bisnis Pariwisata (MBP) Jurusan Ekonomi dan Bisnis di Gedung Kuliah Terpadu Lantai 1 Poltesa, Rabu (20/11/2019). Kegiatan ini dilaksanakan untuk mereview kurikulum yang selama ini dijalankan oleh Prodi MBP, apakah sudah sesuai dan tepat untuk di implementasikan sebagai kurikulum di Poltesa.

Jika melihat perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat cepat saat ini, maka Perguruan Tinggi harus lebih meningkatkan kualitas pembelajaran dan selalu mengikuti metode, pola dan bentuk kemajuan tersebut. Berkembangnya Dunia Pariwisata sebagai suatu sektor bisnis saat ini, membuat Negara-Negara maju saling berlomba untuk menciptakan Destinasi Pariwisata. Jangkauan bisnis Pariwisata kini merambah ke semua kalangan masyarakat dunia. Untuk itu, Perguruan Tinggi harus peka dan jeli dalam melihat peluang ini.

Direktur Poltesa, Mahyus dalam sambutannya menyatakan bahwa Review Kurikulum ini sangat penting untuk dilakukan, karena ini merupakan bentuk keseriusan Poltesa dalam mengelola manajemen Perguruan Tinggi untuk menjamin mutu lulusan Poltesa, khususnya lulusan prodi MBP. "Kami berharap dengan diadakannya kegiatan Review Kurikulum ini, kami mendapat masukan dari para Stakeholder dan Narasumber dalam usaha untuk mengembangkan dan menjaga mutu lulusan Poltesa agar dapat menjadi lulusan yang siap menghadapi dunia kerja serta dapat menangkap peluang dari terbukanya Industri Pariwisata saat ini", ungkapnya.

Hadir dalam kegiatan ini, Dosen Prodi MBP, dan Perwakilan Dosen Prodi lain, Mahasiswa MBP, dan beberapa Stakeholder yang perduli dengan perkembangan Pariwisata dan Pendidikan Tinggi di Sambas, diantaranya adalah 1. Bapak Thomas (GM Hotel Kini Pontianak); 2. Bapak Mansyur (GMM Ajwa Tour); 3. Ibu Indrawati (Pemilik Villa Bangde Sebadang); 4. Ibu Novia (Dayang Resort Singkawang); 5. Bapak Arfino (LPK Borneo); dan juga hadir sebagai Narasumber Bapak I Ketut Suarta, SE.,M.Si dari Politeknik Negeri Bali.

Ditempat yang sama, Ketua Tim Review Kurikulum Prodi MBP, Delyanet mengatakan bahwa "jauh-jauh hari kegiatan Review Kurikulum ini memang sudah kami persiapkan, karena mengingat pentingnya Review Kurikulum Prodi MBP ini untuk penyesuaian kurikulum dengan suasana akademik di Poltesa, serta melihat begitu besarnya potensi Pariwisata di Sambas yang harus mendapat penanganan dan pengelolaan yang cepat demi terwujudnya Daerah Tujuan Wisata (DTW) yang benar-benar pantas untuk di kunjungi", ungkapnya.

Untuk itu, ia bersama tim mengundang Narasumber dari Bali yang memang ahli dalam kurikulum Manajemen Bisnis Pariwisata. "kami mengharapkan hasil yang maksimal dari Review Kurikulum ini, agar kedepan kurikulum Prodi MBP memang benar-benar relevan untuk menyelesaikan persoalan Pariwisata yang ada di Kabupaten Sambas", ungkapnya.

Menurut narasumber,  I Ketut Suarta bahwa "potensi Pariwisata di Sambas sangat luar biasa, alam dan kebudayaan yang masih terjaga menjadi modal utama bagi perkembangan bisnis pariwisata, sangat sayang jika kita tidak memanfaatkan peluang pariwisata ini. Untuk itu, review kurikulum ini perlu dilakukan, seperti Politeknik Negeri Bali yang menyesuaikan kurikulum dengan kondisi pariwisata Bali, saya juga berharap bahwa Poltesa melalui Prodi MBP ini dapat menyesuaikan kurikulum MBP sesuai dengan keadaan industri pariwisata di Kabupaten Sambas, sehingga Poltesa dapat menjadi ujung tombak perkembangan sektor pariwisata di Kabupaten Sambas", ujarnya.

Dalam kesempatan ini, Ketua Jurusan Ekonomi dan Bisnis, Eko Febri Lusiono sangat mengapresiasi kegiatan Review Kurikulum yang dilaksanakan oleh Prodi MBP dan tim panitia, ia menilai bahwa kegiatan ini akan membawa dampak yang positif bagi Jurusan, terutama Prodi MBP dalam mencapai visi dan misinya. "Kami berharap dengan diadakannya Review Kurikulum ini dapat memberikan pencerahan kepada kami dalam mengelola Program Studi, sehingga kami dapat melakukan akselerasi pencapaian Visi Prodi yaitu; "Menjadi Program Studi Terbaik dan Terdepan dalam Pengembangan Pendidikan Vokasi di Bidang Kepariwisataan pada Tahun 2034", harapnya.

Mewakili seluruh Sivitas Akademika Poltesa, Direktur mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada para undangan yang hadir, serta kepada pihak-pihak terkait yang perduli dengan kondisi Pariwisata Sambas, karena dengan kehadiran para Undangan dan Stakeholder yang juga menyampaikan masukan kepada kami, benar-benar memberikan energi yang positif bagi kami, sehingga kami semakin yakin, dengan dukungan semua pihak Poltesa akan semakin maju dan berkembang. Kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik atas kerjasama tim panitia yang telah mempersiapkan segala sesuatunya jauh sebelum kegiatan ini dilangsungkan. Untuk itu, "input yang sesungguhnya diharapkan dari kegiatan Review Kurikulum ini adalah terbentuknya sebuah kurikulum MBP yang mampu menjawab tantangan masa depan, sehingga setiap lulusan Poltesa memiliki kompetensi dan keahlian bidang Pariwisata yang dapat membawa kemajuan dan kesejahteraan bagi Kabupaten Sambas", tutupnya. (Dok. Tim Humas Poltesa)

Tags:

Berita Terkait

Poltesa Gelar Workshop Pengelolaan Keuangan

Poltesa.ac.id - Dalam rangka meningkatkan kapasitas SDM pengelola keuangan lingkup kampus, Politeknik Negeri Sambas (Poltesa) menggelar Workshop ..

Poltesa Gelar Workshop Penulisan Proposal PKM Bagi Mahasiswa

Poltesa.ac.id - Politeknik Negeri Sambas (Poltesa) menggelar Workshop Penulisan Program Kewirausahaan Mahasiswa (PKM). Kegiatan ini diprakarsai oleh ..

Poltesa Terima Kunjungan DJKN Goes To Campus

Poltesa.ac.id - Politeknik Negeri Sambas (Poltesa) terima kunjungan Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Goes to Campus pada hari Rabu, ..

Poltesa Gelar Upacara Bendera Peringatan Hari Pahlawan 2019

Poltesa.ac.id - Tanggal 11 November 2019 Politeknik Negeri Sambas (Poltesa) menggelar Upacara Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2019 di Halaman Depan ..

Poltesa Gelar Workshop Peningkatan Pedagogik Dosen (Pra-Pekerti) dan BIMTEK Evaluasi Kinerja Pegawai (Tendik)

Poltesa.ac.id - Politeknik Negeri Sambas (Poltesa) menggelar Workshop  Peningkatan Pedagogik Dosen (Pra-Pekerti) dan BIMTEK Evaluasi Kinerja ..