Home
Berita
P3M Poltesa Gelar Ekspo Produk-Produk Hasil PKM Dosen dan Mahasiswa

P3M Poltesa Gelar Ekspo Produk-Produk Hasil PKM Dosen dan Mahasiswa

Poltesa.ac.id - Poltesa menggelar Ekspo P3M di Halaman Direktorat pada Rabu (27/11/2019). Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mempublikasikan Hasil Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat melalui Poster Ilmiah oleh Dosen Poltesa serta memamerkan produk-produk Unggulan Program Studi yang ada di Poltesa. Selain itu, Ekspo ini juga bertujuan untuk memberikan informasi seluas-luasnya bagi masyarakat tentang aktifitas akademik yang telah dilaksanakan oleh Dosen sebagai Penunjang Tri Darma Perguruan Tinggi, khususnya Penelitian dalam rangka pengembangan ilmu pengetahuan melalui inovasi teknologi dan Pengabdian kepada masyarakat dalam rangka mewujudkan masyarakat yang sejahtera dan mandiri.
Menurut Kepala P3M Poltesa, Lang Jagat, Eskpo ini menampilkan Poster ilmiah, video PKM, dan produk-produk PKM Dosen dan Mahasiswa Poltesa. "Kami berharap bahwa produk PKM ini dapat membantu menyelesaikan segala permasalahan di masyarakat, karena seluruh produk telah dikemas dengan sentuhan teknologi dan inovasi-inovasi menarik yang dapat menambah nilai jual dari produk itu sendiri. Sebagai contoh adalah produk inovasi Dosen tentang tenun Sambas yang dikemas sedemikian rupa sehingga memiliki corak khas dan tampilan menarik untuk dipakai maupun dijadikan sebagai souvenir khas Sambas", ujarnya.

Hadir dalam kegiatan ini, para Undangan yang terdiri dari Instansi Pemerintah Daerah Kabupaten Sambas, Para Direktur BUMDES Kab. Sambas, Para Ketua Karang Taruna Kab. Sambas, Para Kepala Sekolah Kab. Sambas, para Kepala Desa Kab. Sambas, dan para Pegiat UMKM yang ada di Kab. Sambas, dan juga lembaga-lembaga terkait yang menggeluti bidang usaha dan pengembangan produk-produk lokal yang terdapat di Kabupaten Sambas.

Wakil Direktur III Poltesa, Yuliansyah menjelaskan bahwa Poltesa selama ini berkomitmen untuk menjalin kerjasama dengan semua pihak dalam mencari jalan keluar yang dihadapi masyarakat melalui program-program Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat. "Tujuan kami didalam mengembangkan PKM ini adalah untuk membangun kemitraan yang seluas-luasnya kepada masyarakat, Poltesa berharap dapat menjadi suatu lembaga yang memiliki kebermanfaatan bagi seluruh masyarakat dan membantu Pemerintah Daerah dalam membangun Kabupaten Sambas di segala sektor, baik itu pendidikan maupun kesejahteraan masyarakat. Kita ingin menjadi bagian dari usaha peningkatan SDM Kabupaten Sambas. Poltesa juga berusaha untuk mengusulkan paten bagi produk-produk lokal, agar kedepan dapat dipatenkan kedalam bentuk dokumen legal yang diakui secara hukum", jelasnya.

Beragam produk yang ditampilkan saat Ekspo menarik perhatian seluruh undangan yang hadir. Adapun produk-produk PKM tersebut adalah sebagai berikut:
1. Nata de Soya (Produk Andi Maryam)
2. Pengolahan Kopi (Produk Lang Jagat)
3. Oudh Drink, Sirup Nanas dan Mocaf (Produk Aludra)
4. Jelly Orange dan Puding Buah (Produk Yeni)
5. Chicken Stick (Produk Uray Dian Novita)
6. Bumbu Basah (Produk Winda Apriani)
7. Es Cream (Angga Tritisari)
8. Air Minum Dalam Kemasan (Produk Hendra)
9. Sirup Calongs (Nur Istiqamah)
10. Kerupuk Nenas (Rini Fertiasari)
11. Brownies, Bakso dan Lumpia Ikan (Produk Dewi Merdekawati)
12. Produk Prodi (Produk Prodi Agrobisnis)
13. Mesin Pengupas Sabut Kelapa dengan Mata Kombinasi (Produk Rahmadanti)
14. Mesin Pengupas Sabut Pinang (Produk Budi)
15. Mesin Pengupas Kulit Kopi (Produk Ismir Gading)
16. Mesin Perontok Lada (Produk Ambran)
17. Alat Simulasi Kelistrikan pada Rumah Tangga (Produk Syahrul Hafizan)
18. Uji Kekeruhan Air Berbasis Mikrokontroller (Produk Ellys Mei Sundari)
19. Toolbox dan Roda Gigi (Produk Ridan)
20. Mesin Pemarut Sagu (Produk Alvi Rizal)
21. Mesin Penggulung Kawat Email Motor Listrik (Produk Kurniadi)
22. Perangkap Tikus Pertanian Beraroma Tenaga Surya (Produk Daud Perdana)
23. Alat Pengusir Burung (Produk Erwin)
24. Motif Tenun (Andri Hidayat)
25. Aplikasi (Produk Heldi Hastriyandi)
26. Pusat Bahasa (Produk Meniwati)
27. Maket dan Kerajinan Tangan (Produk Prodi MBP)
28. UMKM Kak Yeyen
29. UMKM Kantin Melati Bu Esti
30. UMKM Kantin Zahra Kak Lis
31. UMKM Jamu Bu Sulis

Seluruh produk PKM ini akan dinilai pada saat Ekspo berlangsung dan pemenang akan diumumkan melalui website resmi P3M Poltesa. Adapun tim Juri dalam hal ini adalah: 

1. Dr. Nasrullah, M.Hum
2. Dr. Hj. Eni Dewi Kurniawati, M.Pd
3. Erik Darmansyah, SP.,MMA

Ekspo Poltesa 2019 ini dapat terselenggara atas kerjasama seluruh Tim P3M dan unit terkait di Poltesa yang jauh-jauh hari telah mempersiapkan kegiatan ini. Melihat variasi Produk PKM Dosen dan Mahasiswa Poltesa, Yuliansyah mewakili Manajemen Poltesa merasa sangat bangga dengan capaian ini, ia berharap semoga kedepan muncul lebih banyak lagi produk-produk inovasi unggulan Poltesa yang dapat dipersembahkan kepada masyarakat, khususnya masyarakat Kabupaten Sambas", harapnya. (Dok. Tim Humas Poltesa)

Tags:

Berita Terkait

Dorong Inovasi Dan Implementasi Teknologi, Poltesa Gelar Seminar Nasional

Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (P3M) Politeknik Negeri Sambas, pada hari Jumát 29 November 2019 lalu menyelenggarakan ..

Poltesa Gelar Workshop Pengelolaan Keuangan

Poltesa.ac.id - Dalam rangka meningkatkan kapasitas SDM pengelola keuangan lingkup kampus, Politeknik Negeri Sambas (Poltesa) menggelar Workshop ..

"Poltesa Gelar Review Kurikulum Prodi Manajemen Bisnis Pariwisata"

Poltesa.ac.id - Politeknik Negeri Sambas (Poltesa) menggelar Review Kurikulum Program Studi (Prodi) Manajemen Bisnis Pariwisata (MBP) Jurusan Ekonomi ..

Poltesa Gelar Workshop Penulisan Proposal PKM Bagi Mahasiswa

Poltesa.ac.id - Politeknik Negeri Sambas (Poltesa) menggelar Workshop Penulisan Program Kewirausahaan Mahasiswa (PKM). Kegiatan ini diprakarsai oleh ..

PENGUMUMAN SELEKSI PENERIMAAN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL (CPNS) KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN TAHUN 2019 (FORMASI PENDIDIKAN TINGGI)

Pengumuman Seleksi Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2019 (Formasi Pendidikan ..